Tuesday, October 05, 2010

Ireland - day 1

Failte! ("Welcome" in Gaelic)

Setelah perjalanan yg kira2 26 jam itu, akhirnya nyampe lah kita di Dublin Airport. Airport nya sepi banget, org2 pada buru2 keluar airport, tinggal kita doank yg alon-alon. (foto ada di kamera temen gue, nanti gue update yak).
Keluar airport, langsung menggigil!! suhunya ada kali tuh 10 derajat C. Mana angin nya lumayan kenceng juga,..udah pake jumper + jaket masih juga menggigil...haha....

Dari airport kita ke parking lot, mau naik bus shuttle gratis yg disediain sama hostel kita. Untuk mlm ini, kita bakal nginep di paddy palace , dan besok kita mau ikut tur dengan si paddy wagon dari company yg sama, jadinya praktis.

Shuttle nya dateng tiap 2 jam sekali, jadi setelah nunggu kira2 1/2 jam-an, datang lah tu bus yg warna nya ijo gonjreng! (kalo lebih terang lagi bisa dibilang ijo neon), langsung buru2 naek bus.

1/2 jam an, nyampe deh di hostel nya. Kita gak banyak foto2 karena udah cuapek buanget, dingin dan udah malem (jam 9-an gitu). Check-in (kamarnya di basement!, again, no photo). Menurut temen gue sih ini hostelnya gak worth-it buat difoto...hehe...kondisi nya memang lumayan parah; misalnya pintu kamar mandi nya gak ada pegangan, cuman bolong di kayu nya, tapi hot shower nya mantabs. Pintu kamarnya mungkin gak di cat, tapi security lock nya baru, gitu deh.

Setelah naro tas di kamar yg berisi 8 org ceweq lain (kamar tipe Dorm/Asrama; 15 euro/org/mlm) kita keluar dinner di pub dkt hostel (disaranin sama supir bus). Kelar makan, balik ke hostel.

Karena besok mau ikut tur, kita mau ninggalin koper yg gede di hostel, dan pake 1 koper kecil barengan. Toh nanti setelah tur, balik lagi ke Dublin dan kita bakal tinggal di hostel ini lagi. Beberes koper lah kita, mindah2in barang segala macem. Di tengah2 beresin koper, gue udah gak sanggup lagi nahan ngantuk, gue nap dulu sekitar 1/2 jam selama nungguin kamar mandi (yg cuman 1)kosong!

Besoknya bangun pagi, gue sengaja bangun paling pagi dan buru2 ke kamar mandi, keramas!!(bule2 khan biasa pagi gak mandi)..fuih,.setelah keramas baru feel human lagi, trus breakfast. Breakfast yg disediain cuman toast (with butter and jam), cereal dan kopi/teh. Ini pun sistem asrama, lemari2 dapurnya semua di labelin misalnya "cutlery" "cups" "plates", jadi kita tinggal ambil yg kita butuh, pake, trus cuci, keringin dan balikin ke lemari nya.

jam 8 kurang 5 menit, udah dipanggil sama tour leadernya; total 1 mini-bus 13 org. Ada 4 ce dari australia, sekeluarga dari austria, couple dari amrik, dan 1 co Israel + kita dech. Karena kita group kecil, si tour leader nya ya si supir. Ada mic deket jendela nya gitu, jadi sambil nyetir dia juga ngasih komentar.

Berangkat lah kita dari Dublin, dijelasin sedikit2 ttg Dublin yg kita lewatin (foto2nya ntar di hari yg ke 4 yach)

Tujuan pertama: Cong - County Mayo.

Cong ini kotanya kecil imut2 banget, bentuknya kotak, jadi kalo loe jalan belok kiri/kanan terus, pasti loe udah ngelilingin tu kota dan balik ke tempat semula dalam 10 menit. Cong ini terkenal karena ini tempat shooting film-nya John Ford "The Quiet Man" 1952. Sampe ada fans club nya gitu. Karena gak tau film nya ini ttg apa, kita liat2 yg lain seperti Cong Abbey dan Ashford Castle. Ashford castle ini udah dijadiin resort, jadinya kita gak bisa foto deket2, jadi di sebrang sungai nya aja.

Posted by Picasa

Setelah lunch di Cong, kita jalan lagi menuju Galway. On the way, kita ngelewatin Connemara.

Kereeeennn yaaaaa.....(termasuk yg di foto)...hihihi.....

kebayang gak gimana rasanya setelah di-kekep di singapore yg cuman secuil dan sempit2, trus nyampe ke tempat yg lluuuuaassssss kyk gini,....hhhh...rasanya bisa bernapas lega lagi.

Pegunungan yg di sekeliling ini namanya Twelve Pins, karena ada 12 puncak gunung nya.

Tujuan kedua: Galway (Gaillimh)
Kita nyampe di Galway sore jam 5 an, dan nginep di sini. Pas sampe, dianterin dulu ke hostel nya, namanya Kinlay House. Nah, hostel ini gue recommend banget, karena budget tapi bersih, rapi dan professional. kamarnya kyknya lebih mahal 3 euro daripada Paddy Palace, tapi fasilitas dan suasana nya beda jauh! Kalo ada yg mau ke Ireland, gue saranin nginep di Kinlay House ini buat budget accomodation.

Selesai naro koper, kita langsung explore Galway. City Centre nya sih gak gede2 banget (seputar Eyre Square). Nyampe sini, mulai lah kita shopping2 ria.

Galway ini sea-side town dan juga kota yg paling banyak org muda-nya (menurut info dari tour guide kita), dan tempat berasalnya claddagh ring; Claddagh ring ini bentuknya seperti 2 tangan memegang hati dan diatas hati ada mahkota. Tangan nya represent friendship, hati melambangkan cinta dan mahkota melambangkan kesetiaan, jadi cincin ini sering dipake buat wedding ring. Ada aturan cara pakenya juga, kalo hatinya mengarah ke luar /dalam artinya beda; ditanya sama Mr.Google aja yach. Gak sempet beli sih, soalnya tokonya udah tutup (hiks).

Posted by Picasa

Arman said...

kok foto2nya gak kebuka ya?

Nilcha said...

ahahahaha iyah keren abis! (termasuk yg di foto)