Monday, March 02, 2015

T3 and new arrival

Our new member of the family has arrived! Sedikit lebih awal dari yg di jadwalkan, tapi Thank God prosesnya lumayan lancar. Lahirnya sih udah di januari, cuma baru sempet blog skg.

Cerita flashback dulu ke T3 yah: pas pulang dari Babymoon, disuruh glucose test sama dokter, dan hasilnya gue ternyata ada GDM (Gestational Diabetes Melitus). Waktu dokter bilang gitu, gue memang agak khawatir, tapi berusaha gak dibawa stress, karena setau gue memang GDM ini bisa di control. 
Di referensi lah ke dokter spesialis diabet. Disuruh diet. Ada panduan makanan apa aja yg tinggi kalori tapi gak banyak nutrisi nya, jadi bisa dihindari. Dan dipinjemin juga alat tes darah. Test nya dengan cara finger-prick (tusuk jari) 6 kali sehari. Yup, 6 kali sehari! 
Sebelum makan dan 2 jam sesudah makan. 

Test darahnya sendiri gue gak terlalu takut, tapi yg challenging buat gue adalah dietnya! Hahahahhhahaa.....maklum buat org yg doyan makan enak, diet ini sempet bikin gue frustrated. Tapi gue ambil positifnya, jadi sering browsing makanan apa yg rendah gula tapi tetep tasty dan memenuhi nutrisi ibu hamil. 

Setelah 2 minggu diet, ternyata masih tinggi kadar gula nya. Dokter langsung prescribe insulin. Kita tadinya pengen jaga dengan diet aja, tapi ternyata harus suntik insulin juga. 
Untuk yg blm tau, GDM biasanya hilang dengan sendirinya setelah melahirkan, tapi tetep aja merupakan resiko buat ibu dan janin. 
Resiko jangka pendek ada 2, bayi bisa jadi lebih besar dari normal, sehingga proses lahiran jadi sulit bahkan mungkin harus caesar. Atau gula merusak plasenta sehingga tidak bisa mengirim nutrisi ke bayi dan akibatnya bayi tidak berkembang. Yg lebih ekstrim nya bisa juga jadi stillbirth (bayi meninggal di dlm rahim). 
Resiko jangka panjang, ibu dan janin semakin besar kemungkinan menjadi penderita diabetes melitus tipe 2. 

GDM ini sifatnya escalate seiring berjalan nya kehamilan. Yg misalnya di minggu ke 31-33 bisa diet, udah minggu ke 34 harus insulin. Minggu ke 36 insulin nya harus nambah. Semakin plasenta nya tambah besar, semakin dia menghadang pembuatan insulin dlm tubuh. 
Insulin sendiri sifatnya gak berbahaya untuk ibu dan janin (kata dokter), karena hanya seperti supplemen yg menambah produksi insulin di tubuh kita. 

Dari sejak ketauan GDM, memang dokter udah bilang, mungkin harus induksi di minggu ke 38, karena resiko di atas tadi. Kalo nunggu sampe minggu ke 39-40, dikhawatirkan plasenta nya akan semakin rusak. 
Tapi abis itu dokter gak bilang apa apa lagi donk. Maksudnya supaya siap-siap kapan, tgl berapa. 

Pas cek bulan 8, si baby masih kepalanya di atas, belum turun. Tapi minggu berikutnya ternyata si baby udah muter (ciihhuuyyy). Dokter udah semangat 45 wanti wanti dijaga supaya posisinya baby gak berubah lagi. Bahkan doi nyaranin gue tidur V (kepala dan kaki lebih tinggi dari perut) buat menjaga si baby gak muter lagi dan supaya kaki gue gak terlalu bengkak karena water retention. Kalo ada magnet yg jaga supaya kepala baby nya tetep di bawah, mungkin udah dipasang ke gue..hahahah (becanda yah).

Cek lagi minggu depannya, kepala baby nya udah engaged (turun ke panggul, menuju jalur lahir). Minggu selanjutnya dokter nyuruh tes kontraksi. G disuruh duduk di kursi santai, trus dipasangin alat deteksi kontraksi dan detak jantung baby. Setelah kira kira 30 menit, baru ketemu dokter. Ternyata udah mulai ada kontraksi, walaupun ini braxton hicks (alias kontraksi palsu), dan pas dicek bukaan, ternyata udah mulai ada. (Pas di ruang dokter, gue langsung keinget cerita Elrica kalo cek bukaan itu sakit!...emmbbeerr). 
Disuruh balik cek 2 hari lagi (rabu) takutnya kontraksi nya meningkat. Ternyata gak tuh. 
Tapi si dokter nyaranin untuk induksi aja, karena udah minggu ke 37. Dan disaranin untuk di induksi hari jumat! Weleeehh....g masih kerja, blm bilang bos mau cuti! 
Akhirnya jumat pagi kita cek ke dokter dan langsung daftar masuk rs untuk malam nya. 

Malem sebelum masuk rs, kita pergi last dinner as only couple..ke Nandos! Hahahhaha....makan udah gak konsen. Abis makan, pulang, mandi, keramas, beberes, jalan deh ke rs. Nyampe rs, tinggal admission, trus di kasih masuk ke kamar. 

(Padahal mau pasang tampang terakhir bumil, entah dikemanain foto nya, lenyap tak berbekas)

Udah selesai dengan paperwork, jam 11 mlm langsung dikasih obat induksi (lewat bawah). Kata susternya, kalo obatnya bereaksi ok, dikasih lagi dosis ke 2, jam 6. Dan jam 8 g dijadwal untuk masuk ke ruang bersalin. 

Ok, selesai obat pertama, gue coba tidur, walaupun agak kurang tenang tidurnya. Jam 4an udah mulai berasa gak nyaman, jam 5 udah ngerasa mules. Dari jam 5 itu, mulesnya langsung POL rasanya...dari 1-10, gue udah di 5. Suster udah bilang, kalo emang sakit banget, bisa minta ke ruang bersalin lebih cepet, jadi epiduralnya bisa di kasih di sana. G masih mikir, bisa tahan. Eh,..siapa sangka jam 6 gue udah sakit di skala 8! Masih juga gue pikir tunggu dokter aja ke ruang bersalin nya....... Wrong decision!!! Jam 7 udah ngulet ngulet kyk ulet keket.....gak bisa tenang. Mau jam 8, mulesnya udah pake nangis....sakit man!!!! Begitu nyampe ruang bersalin, dokter langsung mecahin air ketuban. Jiiiiaaahhh,....sukses nangis bombay....
Pecah air ketuban nya gak sakit, tapi proses dipecahin oleh dokternya itu yg nambah sakit on top of kontraksi nya. Air ketuban nya dipecahin dengan harapan bakal ikut membantu mempercepat lahiran. 
Ditawarin mau gak pake gas dulu sambil nunggu dokter anastesi. Gue langsung ok. Menurut cerita temen, dia bersalin cuma perlu itu gas doank, gak pake epidural. Gue pikir bakal ok nih gas, ternyata gak efek sama gue! Tetep berasa sakit banget, sampe akhirnya si dokter anastesi nyampe dan siapin epidural. 

G saranin kalo ada yg mau induksi, mendingan minta epidural. Karena menurut gue, dengan di induksi, bukaan dan proses lahiran kemungkinan lebih lama, jadi epidural bakal membantu banget. Tergantung masing masing orang sih ya. 

Setelah epidural bekerja, gue langsung....molor...hahahahhahha.......karena cape dan juga semalem tidur gak tenang. 

Dari pecah ketuban, bukaan 1 ke 3, laaammaaaaa buaannggeettt. Ada sekitar 8 jam!! Kita udah khawatir harus caesar. Tapi abis itu, lumayan cepet, sekitar 1jam 1 bukaan. Kaki gue udah mati rasa, udah kyk kayu gelondongan, mau digerakin susyah..akhirnya dikurangin dosis epiduralnya. 
Begitu bukaan udah cukup, langsung panggil dokter dan 15-20 menit dorong dorong kemudian lahir lah baby K. Huaaa... Leganya. Gak pake vacum atau forcep loh...(gak sia sia gue pilates selama hamil, hihihihi) 

Lahiran jam 10 mlm, jadi total labour sekitar 15 jam sajah! 

Gue bersyukur sama Tuhan, anak lahir sehat, gak ada komplikasi, diabetes hilang dengan sendirinya dan suami sama keluarga yg sangat supportif. 






Tuesday, December 30, 2014

Merry Christmas! (plus biscotti recipe)

Walau agak telat, tapi mau ngucapin Merry Christmas buat teman teman yg merayakan! Semoga damai natal dirasakan oleh semua.

Buat kado natal tahun ini, gue dan hubby decide buat bikin biscotti untuk beberapa temen deket dan keluarga. Kebetulan memang keluarga ada yg suka beli biscotti karena mereka demen ngopi.


Resep asli di-dapat dari mas Jamie; di sini
Setelah bikin 3 kali, akhirnya sukses juga...hahahahhaha....yg pertama gue bikin berdasarkan resep, dan jadinya terlalu keras! Dan juga karena gue gak punya pisau gergaji, motong nya gak bisa tipis-tipis, jadinya terlalu tebel. Penting nih pisau gergaji ini, karena kalo gak, motong biscotti nya gak bisa rapih, alias si biscotti bakal kepotong somplak somplak (karena crumbly). Percobaan kedua..gosong! hahahaha......
 
Resep yg gue modifikasi berdasarkan trial dan error:
200 gr Tepung terigu serbaguna (+ sedikit extra)
180 gr Caster sugar (gue mix 100gr white caster sugar dan 80 gr brown sugar, krn itu yg gue punya)
120 gr kacang pistachio, tanpa kulit.
1 tsp baking powder
½ tsp garam
2 telur (note: semakin banyak telur yg dipake, adonan bakal ngembang lebih besar, dan tekstur lebih ke biskuit daripada biscotti)
1 tsp rose water
Semi skimmed milk secukupnya

Cara membuat:
Panggang kacang pistachio sampai agak kekuningan. Cincang kasar ketika kacang tidak terlalu panas untuk dipegang. Note: kayaknya kalo cincang terlalu kasar, motongnya agak susah karena si kacang terlalu chunky. Gue cincang setengah agak halus, dan setengah agak kasar.
 
Campur jadi satu bahan kering (terigu, gula, baking powder, garam dan kacang pistachio).
Campur jadi satu bahan basah (telur dan rose water). Kocok hingga berbusa.
Masukkan kocokan telur dan rose water ke bahan kering sedikit demi sedikit. Mungkin agak lama dan kesannya terlalu kering, tapi nanti pasti kecampur semua koq. Tambah sedikit susu kalo memang terlalu kering, tapi buat gue dengan 2 telur gak perlu lagi susu.

Panaskan oven ke 180 derajat celcius. (Ini nih yg gak ada di resep aslinya, sampe gue mesti coba-coba). Alasi loyang dengan greaseproof paper. Dan dengan tangan yg agak bertepung, bagi adonan jadi 2 dan bentuk seperti christmas log cake. Adonan akan ngembang kira-kira 20% dari ukuran asli, jadi kasih jarak antara 2 log.

Note: kalo mau bikin biscotti yg imut-imut, bisa dibagi 3 adonan nya dan dibentuk lebih memanjang daripada lebar.

Panggang biscotti selama 25 menit, sampai agak kekuningan, dan keluarkan dari oven selama 5 menit. Turunkan suhu oven ke 150 derajat celcius.

Potong biscotti serong-serong (kira-kira ketebalan 1 cm) dan atur bagian yg terpotong menghadap atas untuk dipanggang. Masukkan kembali ke oven dan panggang selama 15-20 menit sampai kering.

Note: tergantung oven, mungkin perlu dibalik biscotti nya pas udah kepanggang selama 10 menit, supaya matang nya rata. Perlu dijagain nih untuk sesi panggang kedua ini, karena si biscotti udah kepotong tipis, bisa cepet banget gosong.

Keluarkan dari oven, biarkan dingin dan mengeras, dan enjoy with your favourite coffee/tea/milk. Yyuummmm....

Monday, December 22, 2014

Spiralizer

Entah kapan lagi browsing nyari resep makanan, di blog the kitchn ada foto bakmi tapi warna nya merah. Gue liat lebih dekat judulnya koq “ beet”, ternyata si beet itu di-spiralized jadi kayak bakmi. Liat ini deh...
kl blm kenal ama spiralizer, atau ke blognya Ali-inspiralized untuk lebih jelas gimana cara pakenya sekalian browsing resep-resepnya yg yyuummmyyy....

Di blog nya Ali, gue browsing resepnya dengan penuh antusias! Maklum, punya hubby yg demen makan sayur mayur, blog dan alat spiralizer ini berpotensial banget buat bikin menu sayuran yg lebih bervariasi selain cah sayur atau gado-gado.

Liat liat di amazon harganya gak terlalu mahal, sekitar US$40 tergantung brand; masih masuk akal. Kebetulan waktu itu udah mau berangkat ke US, jadi kita pikir, belinya nanti aja lewat Amazon US. Eh, emang jodoh gak lari kemana, ketemu si spiralizer ini di Eataly, NY.

Udah balik sing, gue langsung berexperimen (sebenernya sih gue beli ini sbg early xmas present buat hubby,..hahahaha). Ke pasar beli zucchini, butternut squash. sweet potatoes dan beetroot. 

Menu pertama yg kita coba “Vegan Zucchini noodles Japchae” 
(Photo credit: Inspiralized)

jadinya nyum nyum banget! “noodles”nya agak lembek dikit karena kita masak kelamaan, tapi rasanya tetep ok!
(foto versi masakan gue)

Trus kita nyoba “Sweet potato pasta with chicken and artichoke”
(photo credit: Inspiralized.com)

Ummm,…yg ini jadinya agak kurang bener nih,....soalnya “pasta”nya disintegrated. Yg tadinya “noodle”nya panjang panjang jadi pendek pendek setelah dimasak. Wajar sih karena kalo kita rebus sweet potato khan jadi crumbly yah  kalo udah mateng. PS: untuk mengurangi pastanya patah patah, saran dari Ali untuk di masak dulu pake olive oil (goreng sedikit) sampe agak lemes, baru di siram saus. (gak di-foto, soalnya hasilnya jelek). 

Dan kita bikin “beetroot pasta with pesto”
(photo credit: inspiralized)

Kita bikin tanpa baby kale. Yg jadinya yummy juga donk!!...hahahahha...ditambah pork meatball bikinan hubby.

Dan kita juga nyobain bikin Paleo Burger ini
(photo credit: inspiralized)

Tapi kita punya jadinya memble...hahahaha...gue salah gak roast sweet potato noodles nya dulu sebelum di bentuk, jadi pas dipadatin di mangkuk, noodles nya gak compact, dan pas di- pan-fried si "bun" nya itu kurang tebel, flat banget. Akhirnya gak bisa berbentuk "burger"...dimakan satu-satu ala deconstructed gitu dah...hahahhahaha

Berdasarkan pengalaman ingredients di atas, gue bilang sih emang zucchini yg paling gampang untuk pemula. Kedua si beetroot, baru kemudian si sweet potato. 
Yg gue suka dengan resep-resep spiralizer ini gampang di substitute, misalnya resep pasta and meatballs, kalo gak mau pastanya pake pasta biasa, tinggal ganti pake vege “pasta”. 
Gampang juga untuk add-in protein, kalo misalnya mau topping grilled chicken atau deep fried pork. 
Dan yg paling penting gampang untuk makan sayur tanpa berasa banyak banget, karena si sayur nya sendiri udah jadi pengganti carbohydrate.  
Dan gue sadari, food photography itu gak gampang bok! Liat aja tuh foto-foto gue dibandingin foto resep aslinya Ali...huhuhuhu...beda banget...*gak bakat nih*

Thursday, December 18, 2014

Dear Secret Santa,...

Hadiah nya sudah nyampe!!....hehehehehe....Thank you yah...


*sorry, fotonya agar blur*

Sekarang sih masih di rumah ortu, jadi belum diambil. Tapi dari foto yg dikirimin bokap, sepertinya baju buat ibu menyusui yah....thank you loh,...bakal berguna banget nih....

Secret santa kyknya tau ya gue lebih suka baju yg polos-polos aja,...hihihihi....tapi emang bener koq, baju g yg bermotif jarang banget. Paling kalo ada motif kecil-kecil (menyesuaikan sama proporsi badan), hampir gak ada baju yg motifnya gede-gede.

Hmmm,...kado gue udah nyampe belum yah....semoga sih nyampe sebelum Christmas Day nih. Maklum, ngirimnya dari sebrang lautan :)

Thursday, November 20, 2014

Honey/babymoon – East Coast US part 1

Setelah drama ketinggalan flight, nyampe lah kita di DC sekitar jam 9 mlm. Dijemput ama temen kita di airport, dan langsung diajakin dinner. Udah agak-agak tepar sebenarnya, flight LA-DC itu sekitar 5 jam terbang, jadi lumayan kucel. 
Sama temen kita diajakin makan chilli di Ben’s Chillis....katanya ini tempat jajannya Pak Obama. Hahahha.... ada foto si bapak segede gaban di temboknya tapi yg kita poto cuma chilli nya. Kita pesen beef chilli bowl and vegetarian chilli cheese fries with drinks. 

Lumayan enak, 3 out of 5 deh. Soalnya waktu itu gak terlalu laper. So kurang enjoy. Lokasinya lumayan central, karena dikelilingin banyak resto dan pubs gitu. Kebetulan Friday night, jadi banyak group yg seliweran buat dinner dan hang-out.

Nyetir ke hotel, kita check in, langsung istirahat. 

Day 9
Abis breakfast, kita rencana nya mau naik hop-on hop-off tourist bus. Mulainya dari depan Union Station and guess what?  It was another SUPER HOT day! Mateng dah kita. 
Sebenernya sih kalo pas berdiri di tempat teduh gak berasa panas nya,...soalnya anginnya gak panas, tapi yg namanya liat-liat Washington DC kebanyakan khan monumen bersejarah jadi banyak outdoornya. Selain kalo cuma mau muter-muter di museum-museum aja. 

Dari Union station, busnya bawa kita ke US capitol building dan botanical garden, terus ngelewatin beberapa Smithsonian museums, National Mall, Washington Museum, Thomas Jefferson Memorial. 

Tadinya kita mau muter dulu semua stopsnya, baru kita berhenti di stop yg kita tertarik untuk liat lebih dekat. Eh, ternyata next stop Lincoln memorial. Banyak yg turun di Lincoln memorial ini karena lokasinya yg cukup strategis buat poto sekaligus ke arah National Mall. 

PS: Kalo lagi gak hamil, gue mau nyobain nyewa sepeda yg selalu tersedia hampir di setiap stop points ini. Karena selain lokasi semua monumen dan museum nya emang deket-deket semua, jalanan nya pun kyknya enak banget buat sepeda-an (waktu itu kita pergi weekend, jadi trafficnya sepi). 

Akhirnya kita putusin untuk turun dan foto2 di Lincoln Memorial. Sepanasnya hari itu, begitu masuk ke Lincoln Memorial, langsung adem! Mungkin karena gedung nya dari marbel putih, jadinya cooling. 

(minta tolong orang potoin, tapi kurang pinter ngambilnya jadi kepotong deh Mr.Lincoln nya...jiaahh gimana toh mbak) 

Dari Lincoln Memorial, kita naek bus lagi buat liat-liat yg lain. Begitu mau nyampe ke National Museum of American History, dikabarin sama tour guide kalo di museum ini ada replika kitchen nya Julia Child. Wah!, emang gue pengen liat tuh, sejak nonton film Julie and Julia. (Ke museum pun tertariknya sama yg berhubungan dengan makanan,....hahahahahha) Turun lah kita di Museum of American History. 


Muter-muter museum, padahal baru ½ lantai, udah capek gue dan laper!! Secara udah hampir jam 2 aje!! Akhirnya kita naek bus lagi untuk ke Union Station, nyari makan. Sebenernya sih pinggiran jalan The Mall ini banyak food truck gitu, tapi ya karena cuacanya yg superduper panas, bikin gue cuing-cuing kalo berdiri kelamaan. 

Ngelewatin beberapa block, eeehh!!! Ada Shake Shack Burger!! Hahahahhaa....kita udah rencana mau makan di NY, tapi pas kebetulan lagi laper dan antrian gak sepanjang yg di Madison Sq, NY, ya udah mari dah. 

Nyuam Nyuam! Enak loh! Gak terlalu gede, tapi juicy dan mateng. Kita pesen Shackburger, Cheeseburger with bacon and hot-dog to share with Strawberry milkshake.....milkshake nya thick and super duper yummy! 

Beres lunch, kita balik ke hotel buat istirahat. 
Di hotel, temen gue udah beliin DC cupcakes! Yeay! Emang udah lama penasaran sama si DC cupcakes ini, soalnya mereka punya program reality show sendiri gitu di StarWorld.
Pas dimakan, enak loh...cupcakenya lembut banget dan airy (light) jadi gue ama hubby bisa ngabisin 4 sekaligus! Soal frosting; kalo di Amrik, frosting nya agak lebih manis dan lebih kaku....kalo di spore lebih lemes, jadi lebih kayak cream dan gak terlalu “frosty”. Menurut hubby, si DC cupcakes frosting nya udah gak-terlalu-manis untuk standard Amrik.  

Kenyang cupcakes, kita jalan menuju National Harbor. National Harbor ini ada di Maryland, agak keluar DC sedikit, pinggiran Potomac River. Sampe sana, eh, keliatan nya mirip sentosa cove broadwalk....dengan skala yg lebih gede tentunya. 

Sebelum kita dinner, kita menuju ke tempat bermain dulu buat anak-anak. Ada ferris wheel dan sand pit. Tempatnya masih baru dan ada bangunan yg masih akan dibangun. Ada hotel, shops, restaurants, dan bakal ada casino juga yg mau dibangun deket sini sama groupnya Sands (kalo gak salah).   

Udah puas maen pasir, kita ke McLoone's Pier House. Hubby lumayan excited karena kita mau ke resto seafood, dan secara Maryland ini terkenal sama crabcakes nya,...itulah yg kita pesen buat dinner! Nyuam nyuam,....enaaaaakkkkk.....crab chunks nya gede-gede dan juicy! 

Abis dinner, muter muter bentar trus kita lanjut ke factory outlet nya National Harbor, temen gue mau shopping baju anak-anak. Kita sih cuma liat liat karena nanti di NY kita mau ke factory outlet juga, so gak beli apa-apa dulu. 

Day 10
Next day, abis breakfast, kita balik ke museum of American history buat.....beli souvenir! Hahahahhaha....kemaren belum sempet liat-liat gift shop soalnya udah keburu laper. 

Kalo San Fransisco kesannya relax, laidback; LA itu Hip, lively dan colourful; kalo Washington DC ini buat gue dignified tapi fun. Jalanan nya rapih, bersih, trotoarnya leebbbaarrr, banyak green open spaces (liatnya seger) yg dipake buat group sports atau sekedar jogging. Kata temen gue, emang Washington DC ini kotanya sangat family friendly.  

Abis dari museum, temen kita ngajakin ke Vietnamese village (yg gue juga gak tau dimana soalnya buta arah, tapi yg pasti satu kompleks itu banyak banget Vietnamese resto) buat makan Pho. 
Sebenarnya waktu udah mepet nih buat kita ke airport, tapi biasanya resto asia khan cepet yah service nya, apalagi kalo pesennya Pho, khan lumayan gampang tuh masaknya. Tapi pas kita mulai makan, ternyata salah satu anak temen kita kena  stomach flu, jadinya muntah-muntah di resto. Kacian banget euyy…
Akhirnya kita decide gak usah ke airport (udah ketinggalan pesawat -lagi!-), kita decide naek train aja dari union station. Selain pengen nyobain naek amtrak, dari union station bisa langsung nyampe ke Penn station di NY, yg cuma beberapa block dari apartment kita.

Dari DC ke NY naek Amtrak kira-kira 2 jam -ini yg express, ada juga train yg berhenti di hampir semua station, jadi lebih lama sekitar 3 jam lebih-
Di train, kita leha-leha sambil liat pemandangan. Gak ngelewatin scenic spots sih, kebanyakan suburb dan back of ppl’s house.

Nyampe di Penn Station, hal pertama yg gue lakukan begitu turun dari train adalah…… mengendus udara nya….hahahhahahahahh…..soalnya temen-temen hubby dan hubby sendiri sering bilang kalo NY tuh rada-rada bau….in their words “its like the smell of evaporating piss”….hahahaha….
dan apakah memang bau? karena udah lewat summer, bau nya jadi gak terlalu terasa hehehhehehe…..

Dari Penn Station, rencananya mau jalan kaki ke apartment nya, karena menurut hubby cuma “beberapa block”; tapi setelah jalan 2 block (sambil dorong koper)..gue nyerah…dan kita pun naek taksi….yg 3 menit kemudian nyampe di depan apartment nya….hehehhee…..
Koper yg gue dorong sih emang tinggal didorong doank, tipe yg roda nya 4 biji gitu, tapi “cuma dorong” pun mesti pake otot perut buat mengarahkan si koper, dan udah cape pula jalan seharian. 

Begitu nyampe apartment sewaan, kita istirahat bentar, trus keluar dinner. Malem ini kita mau nyobain food truck “The Halal Guys” yg mangkal nya deket hotel Hilton (53rd street, between 6th and 7th avenue). Kita beli yg mix (chicken and lamb) over rice and veg. Yummy and cheap! Less than US$10. A word of warning: go easy on the chilli sauce! very spicy! 3 out of 5. 

Udah kenyang, kita jalan balik ke apt trus ngelewatin Magnolia bakery. Hubby emang pengen nyobain cupcake nya, udah mau tutup sih, jadi cupcakenya tinggal dikit banget. Akhirnya kita beli Red Velvet cake, buat nyemil di apartment. Lumayan enak, 3 out of 5 deh. 

Sebelum pulang, kita poto-poto dulu di Times SQ!! yeaaahhh..NY baybeh!!! 
(abaikan itu tumpukan sampah yg kepoto)

Sambil leha leha makan kue di apt, gue bilang ke hubby,..”gile ni apartment mungil amat yaks”…gue pikir apartment singapore tuh udah imut imut, ini lebih seupil lagi. Palingan 20 sqm-an. *lupa foto, sketch aja yah*

Kata yg nyewain ke kita, gedungnya dulu bekas hotel, jadi apartmentnya mungil-mungil dan lagian space emang mahal di NY. Tapi yg bikin gue amaze, orang orang bisa loh tinggal di apartment se-unyil ini. Biasanya sih memang mereka pada punya storage space di luar apartment untuk nyimpen barang-barang yg mereka gak pake untuk season tertentu; misalnya pas summer, baju winter disimpen di storage dan sebaliknya. Gue cuma berasa agak claustrophobic..hahahha...
Fiuh,...tidur dulu yah....besok kita bakal jadi turis!! 

Tuesday, November 11, 2014

Honey/babymoon - West Coast US part 2

Day 6 

Hari ini kita mau ke LA. Bangun sih niatnya pagi, tapi tetep aja selesai breakfast & beberes dll, jam 11 juga baru jalan dari rumah. Kita tadinya mau foto dulu sama si Golden Gate bridge, tapi kalo dari bridge nya sendiri khan susah ya, paling keliatan cuma sepotong doank, jadi kita pikir nyetir ke daerah Presidio dan foto dari sana. Nyampe di presidio, ternyata view nya kehalang ama gedung-gedung, tapi eh ada museum Walt Disney family, jadi mampir liat-liat dan beli souvenir. 

Udah kelar, kita set lagi GPS nya ke pinggiran SF bay dengan patokan nama jalan yg kita liat di map. Eh, tau-taunya di arahin ke central SF *tepok jidat*...... 
Ya sutra lah,...udah kesiangan juga, kalo kita keukeuh mau balik ke SF bay, kita bakal nyampe LA tuh malem banget. Hiks hiks...direlakan lah gak berfoto ria dengan Golden Gate bridge....next time pas kita dateng lagi aja *halah!...kyk Singapore-SF cuma tinggal ngesot doank*

Untuk rute SF-LA, temen kita nyaranin ambil highway I-5S, karena rute yg paling direct ke LA. (Kalo mau yg pemandangan nya okeh bisa milih US 101 dan scenic route ngelewatin Big-sur, tapi tentunya jalan nya lebih berkelok-kelok dan lama).
Rencananya untuk rest area, kita stop di Kettleman City, karena rest area nya lebih gede dan lebih banyak pilihan makanan. Seperti...In and Out burger! Hahahahha...gue udah pernah baca ttg In and Out Burger ini di blog nya Arman, tapi gue kirain cuma ada di LA. 
Tapi karena bawa bumil, dan belum lunch pas kita keluar SF, akhirnya nyetir 1 ½ jam, kita break beli Burger King dan ke toilet tentunya. Makan nya di mobil aja. 

2 hal yg gue inget banget pas road trip ini, cuacanya yg lagi super duper panas dengan matahari yg amit-amit nyelekitnya, dan luasnya lahan perkebunan di kiri-kanan highway! Itu jendela mobil ampe gue tutup pake kertas/map yg ada, alias gue jepit gitu. Gak tau deh boleh apa gak sama peraturan US  highway, asli gak tahan gue sama mataharinya. Walaupun gue tinggal di daerah tropis, tapi matahari di Amrik tuh tajem banget yah. Nyesel kagak bawa topi. 
Trus gue penasaran loh, itu karyawan fast food yg kerja di rest stops tinggal di mana ya? Mereka tentunya mesti punya mobil buat pulang pergi dari tempat kerja, donk? Karena sekeliling rest stops cuma perkebunan gitu, gue gak kelihatan dimana local residential areanya. 

Setelah stop di Kettleman city, In and Out burger nya kita take-out juga buat makan sambil jalan. Kita pesen cheeseburger and drinks. Tapi menurut gue koq biasa aja yah (hahahahah sorry, Man) mungkin gak sering makan burger jadinya bukan burger connoisseur. Gak ngeh mana yg enak apa biasa aja. 

Akhirnya nyampe lah kita di LA sekitar jam 8-an. Karena hotel kita letaknya deket airport dan kita gak tau ada resto apa deket hotel, akhirnya kita decide cari dinner dulu baru check-in. Dan kita belum planning mau makan di mana...hahahahha *dodol emang*. End up kita makan di resto yg direkomendasi ama Arman juga...Simpang Asia! Hahahahahahahaa.......
Gue pesen sop buntut (menu andalan gue di resto indo) dan hubby mesen salah satu nasi campur nya + tumis kangkung. Rasanya sih lumayan menurut gue, walau kangkung agak manis, karena di cah pake bawang bombay putih. Sop buntut nya di serve ala hot-pot, jadi anget lebih lama. Empuk dan agak sedikit manis untuk selera gue. Nasi campur menurut hubby ok. 
Temen kita sempet nanya “Why?” pas tau kita makan indonesian food, kita bilang yah, comfort food, udah malem dan cape. 
Selesai makan kita ke hotel buat check-in dan gak pake lama, beberes, mandi langsung tidur. 

Day 7
Hari ini kita udah punya rencana kira-kira mau kemana aja, mampir grand central market, Walt Disney concert hall dan liat-liat barang baby. 
Karena hotel yg kita tinggalin ini (marriott courtyard) tipe business hotel, breakfast nya pun standard. Cereal, susu, yoghurt, buah, telur, meat patty, toast, juices, pastries dan kopi/teh. 
Lumayan rame juga sama turis loh, kebanyakan turis lokal US. 

Abis breakfast, kita berangkat deh. First destination: Grand Central Market. Kita rencana ngeliat yg deket deket aja di sekitar market ini, karena si Walt Disney Concert Hall juga cuma 2 blocks away. Jadi pas nyampe, kita cari parking buat naro mobil, dan kita jalan kaki ke market. Ternyata belum banyak yg buka buat lunch, so, kita lanjut ke Concert Hall. 

It was one of the scorching hot day in LA! Gue jalan kaki 10 menit aja udah ngucur keringat dan ngos-ngosan. Mana jalanan nya nanjak pula! Nyampe Concert Hall kita ambil audio guide buat self-guided tour gedung nya. Alatnya kayak remote TV yg bisa kita tempelin ke kuping buat dengerin audio commentary nya. 
Ada juga guided tour, tapi cuma ada di jam-jam dan hari tertentu. Hari itu ada sih guided tour, tapi kita pikir self-guide aja , jadi kalo laper/ mau buru buru udahan, kita bisa skip ke yg kita mau aja.

Gedungnya keren banget, dan sering dipake buat acara-acara awards gitu, seperti The Oscar.
Hubby komen katanya ini pertama kalinya dia liat  gue foto-foto banyak banget, yah maklum mantan anak design, ahhaha. 


Gak berasa muter muter, tau-tau udah jam 1! Udah liat semua sih. Kita mampir gift shop buat beli oleh oleh, dan jalan balik ke market buat lunch. For lunch, hubby milih Mexican Tacos, dan gue milih Cubano sandwich dari Belcampo Meat Co. Yum Yum.... 3 out of 5. 

Udah kenyang, kita menuju ke Kid’s land baby shop di Wiltshire Blvd. Kita mau cek stroller dan barang-barang baby lain nya sekalian bandingin harga. Emang sih lebih murah daripada Singapore. Apalagi kalo barangnya bikinan Amrik, murahnya bisa banyak! 10-20%. Tapi kalo barang asal Europe, kyknya gak beda jauh. 
Tadinya kita naksir stroller ini nih!.....

Keren yaacchh!!!Tapi bok....begitu gue coba angkat, kagak bisa walaupun udah 2 tangan! Astaga ajubile! Keren sih keren tapi itu stroller bbeerraatttt...kira-kira 15 kg lebih!! Mampus dah kalo gue kudu angkat sendiri. Hubby aja ilfil pas tau beratnya. Emang sih kyknya di-design gak untuk diangkat tapi digeret kayak luggage, tapi tetep aja kalo mesti naek bus/mrt tetep perlu diangkat walaupun cuma sekali dua kali. Mau gak mau lah kita liat yg lain. 
Keluar dari baby shop, gak beli apa-apa dulu, karena kita khan masih mau ke DC dan ke NY, jadi belinya nanti aja di NY. 

Apalagi yg bisa kita liat di LA?? Hollywood donk yah. Mari menuju ke Hollywood Boulevard!
Setelah konsultasi ama mas GPS, ktnya ada nih lookout point buat Hollywood sign. Pas kita nyetir, loh koq masuk mall? Ternyata lookout point nya itu di jembatan mall nya Hollywood & Highland ini. Doh...gue kirain bisa lebih deket gitu ke sign nya,...ternyata jauh be-eng dan fotonya agak susah. Pertama karena rame, banyak org yg pengen foto juga dan karena sign nya jauh bener, difoto kita-nya jadi gede banget! Sutra lah...gue poto-in hubby aja. 

Muter muter bentar di Hollywood Blvd, akhirnya kita decide let’s have dinner. Mau nya sih nyari si Kogi Bbq truck, kita sampe niat bener bikin twitter account biar bisa cari tau dimana si truck ini di LA. Karena mereka gak permanen di satu tempat tapi muter-muter LA, dan di-update tiap hari di twitter account nya. Tapi sayangnya, pas mlm itu, si Kogi truck ini nan jaaauuuhhhhh.......kira-kira 40 menit dari Hollywood Blvd. Gak jadi dah. Akhirnya gue cepet-cepet browsing dimana kira-kira makan yg enak dan ketemu lah .... Beverly Soon Tofu di Koreatown! Ceritanya si Beverly Soon Tofu ini pernah dikunjungin ama Anthony Bourdain dan review yg gue baca di Yelp dari kebanyakan orang korea, katanya emang enak banget!. Sip lah....mari kita cobain. 

By the way, mau nyari/nyobain makanan dimana aja di kota-kota yg mau kita kunjungin itu kita dapet dari.....sering nonton TLC! Hahahahhaha....program2 kayak The Layover- Anthony Bourdain, Man vs Food-Adam Richman sering kita tongkrongin dan kita catetin. Hahahahhah....

Daaannn apa verdictnya buat Beverly Soon Tofu? Yuuummmyyy!!! Endang!! Soupnya kentel, dan tofunya halus dan satu pot itu penuh loh. Gue recommended banget. 4 out of 5. Kita juga pesen bibimbap dan ini juga enak abis! Bumil puas dah. Banchan nya sih standard yah. 

Dari Beverly, kita nyebrang ke Korean supermarket. Cuma mau liat liat doank sih, sekalian beli roti buat besok di Tous Le Jours. Gue amaze deh sama LA community ini. Berasa gak-bule banget kotanya, saking ratio resident lebih banyak asian/latino/african american kali yah. 

Ini malam terakhir kita di LA nih,...tadinya mau ketemuan sama Arman dan keluarga, sayangnya gak kesampean, next time yah Man! 

Day 8
Besok paginya, kita drop mobil rental di LAX dan dianterin ke airport pake shuttle bus nya si rental car company. Begitu nyampe airport, langsung menuju self-check-in counter. Kita niat check-in online semalem, tapi karena perlu drop baggage, jadi gak boleh online check in. Rame banget itu yg mau naek United Airlines, sampe pas udah giliran kita, eh eh eh....check-in timing nya udah ditutup!! (domestic flight harus check in 45 menit sebelum flight time) OMG! gak bisa check-in lagi. Nanya sama staff nya, dia bilang “oh, ini udah kelewat waktu nya, gak bisa lagi naek pesawat yg ini, mesti naek yg selanjutnya” Dooeenngg!! Padahal baru lewat 3 menit! 
Akhirnya kita mesti ngantri di counter lain untuk ngurusin next flight. Untung nya masih ada next schedule ke DC, dan gak usah bayar lagi. 
Ini pertama kalinya gue ketinggalan pesawat, jadi gue kirain mesti bayar lagi. Soalnya kalo naek budget airline gitu (airasia atau jetstar), kalo ketinggalan pesawat kudu beli tiket baru khan yah? Bener gak? 

Akhirnya yg tadinya gak punya waktu buat lunch, jadi bisa lunch leha-leha dulu di airport. Dan kita ketemu Wolfgang Puck Express!! Ini salah satu yg gue demen dari Amrik. Saking banyak nya michelin star-chef, bisa ada resto nya di airport! Hahahhaa...
Hubby mesen pasta dan gue pesen rotisserie. Pas pesenan datang, gue kaget aja ama ukuran nya yg jumbo! ½ ayam! Oh my!



Next stop.....Washington DC!

Wednesday, October 29, 2014

Honey/babymoon - West Coast US part 1

We are in San Fransisco!! woohhooo!
(Maap, foto-foto agak minim di SF ini karena gue jaim sama temen hubby,hehehhe…..oh, dan karena budget hubby yg megang, gue gak tau harga-harga makanan etc…hihihihi *istri yg super cuek*)

Day 1
Nyampe di rumah temen, kita beberes dulu, istirahat bentar (gue sempet bengong dan gak konek gitu saking jet lag nya) trus keluar buat lunch. Weather was bright, sunny dan anginnya lumayan dingin (buat kita yg baru nyampe dari daerah tropis).
Kita jalan ke Filmore St, dan lunch di pizza Delfina. Enak loh, service nya cepet, pizzanya tipis dan fresh! Abis lunch, balik buat nap dan siap siap dinner.

Jam 6 kita pesen taxi lewat Uber dan nyampe lah kita di Kokkari (Greek Restaurant)www.kokkari.com. Walaupun gak ada foto-fotonya, tapi percaya deh ama gue, the food were Fabulous -with a capital F-! Sumpeh, semua enak-enak! Kita pesen, grilled octopus, beets salad, mussels for appetiser dan whole-roasted fish, lamb shank and roast chicken for mains. Desserts are baklava, sweet doughnuts and another one that I forgot whats-the-name…
kalo gue tinggal di SF, gue bakal ke resto ini at least once a month!
Mau bikin reservasi lumayan susah loh, hubby udah nelpon dari 1 bulan yg lalu buat dinner ini, dan restonya tuh penuh banget! Cek deh di Yelp atau Open Rice buat review nya, atau langsung ke website Kokkari buat liat menu nya. I gave it a 5 out of 5!
Ambience nya juga warm dan inviting, open kitchen concept, lotsa brick and fireplaces.
Entah karena jetlag atau food coma atau keasikan ngobrol, lupa foto-foto. But I will always remember this dinner. One of the yummiest dinner in my life!
Pulang dinner, kita udah tepar abis. Langsung mandi, sikat gigi dan zzzzzz…….

Day 2
Kita bangun dan pas liat jam,…holy*****! jam 11!! Padahal temen kita udah bikin reservasi buat brunch jam 11! Oppss…..
Akhirnya, change of plans to dim-sum. Kita pergi ke Hong Kong Lounge II. Sebelum pergi udah di-warning dulu kalo tempat ini selalu mesti ngantri, tapi mestinya sih gak lebih dari se-jam.
Ok lah, kita nyampe sana, ambil no queue dulu, terus kita jalan-jalan ke home accessories shop. Udah 1/2 jam, balik ke resto, masih mesti nunggu sekitar 15 menit, baru ada meja. Sambil nunggu, kita milih dari menu yg lumayan banyak pilihan nya. Waktu milih sih perasaan gak gitu banyak donk, tapi begitu satu-satu mulai di bawain ke meja, bboookkkk…..banyak banget! *maap, gak ada poto* dan di amrik, meal sizes are huge!, jadi misalnya chee chong fan (shrimps wrap in thin rice pancake) size udangnya tuh 3 kali lipat yg ada di singapore!! buset dah. Siumay nya juga filled with chunks of meat and shrimp, gak yg daging nya udah ke-blend halus.
Kesimpulan: dari segi rasa lumayan authentic. Bisa banget mengobati home-sickness bagi yg lagi ngerantau di SF. I gave it 4 out of 5.

After lunch, kita crossed the famous Golden Gate bridge, ke Napa Valley! Tadinya kita mau dinner di Ad Hoc, salah satu resto Thomas Keller, 3 michelin star chef, tapi karena kena macet, kita gak jadi makan di sana deh. Akhirnya kita cuma jalan-jalan liat-liat Yountville. Cakep loh,..banyak yg merit di sini, karena emang tempatnya keren banget! Banyak mini tour bus gitu buat winery hopping dan juga banyak tempat wine tasting.


Abis puas liat-liat Yountville, kita balik ke SF buat dinner di Mel’s diner. Kyknya kurang afdol yah kalo ke amrik tapi gak makan di American Diner…hahahhah….Si Mel’s diner ini letaknya pas sebrang Hong Kong Lounge II yg kita pergi buat lunch. Gue makan burger + strawberry milk shake! yuuuummm,….3 out of 5!

(image from Trip advisor)

Day 3
Kayaknya selama ini kerjaan kita di SF cuma makan doank yah? hahahha eeerrr…iya sih…hahahaha. Breakfast di rumah, siap siap dan jalan ke Union Sq buat lunch di The Cheesecake Factory.
Kita mesen Spinach and artichoke dip dan sharing chicken jambalaya, dan pasti mesen dessert donk,…strawberry cheesecake. Semuanya yummmyyyy! Untung kita share main dish-nya, kalo gak, gue gak bakal bisa abis sendiri tuh.

Abis lunch, kita muter muter di Union sq. Ternyata di major cities, kebanyakan ada yg namanya Union sq.
Setelah belanja baju maternity dan baby di GAP, mampir liat-liat westfield mall dll, kita balik ke rumah buat pergi dinner ke italian resto deket rumah, Jackson Filmore Trattoria. Not bad, 3.5 out of 5.

Day 4
Hari ini kita mau ke Big Sur. Pagi-pagi abis breakfast, kita ngambil mobil rental, trus jalan deh lewat Highway 1. Big Sur ini disaranin sama temen gue yg hobi cycling. Dia pernah cycling sepanjang rute Highway 1 dan scenic route nya ini. Scenic route ini unik karena di sebelah kanan sepanjang pinggir pacific ocean dan sebelah kiri forest. Sayangnya pas kita pergi, kayaknya lagi musim kemarau panjang gitu, karena forest nya kelihatan kering kerontang.




Amazing views, don’t you agree!!

Setelah nyetir 3 jam dari SF, kita nyampe ke Sierra Mar Restaurant di Post Ranch Inn, buat lunch. Seperti namanya, Post Ranch inn ini ada tempat nginepnya *which is lumayan mahallll!* Villa nya ada yg menghadap ke laut atau ke pegunungan. Restaurant nya sendiri menghadap ke laut, dan dibangun di pinggir cliff gitu.



Menunya gak banyak, pilihannya cuma 2, antara Chef’s tasting menu atau Set menu. Kita pilih yg set menu aja.
Hubby had the House made Ricotta, Halibut and Strawberry Shortcake.
Gue punya smoked tomato soup, Braised Berkshire pork ribs and strawberry shortcake.



Lumayan enak menurut gue. 3.5 out of 5 deh. Tapi karena viewnya keren, jadi 4 out of 5 deh.

Kalo may stay overnight di daerah big sur tapi gak mau bayar mahal, sepanjang scenic route ini banyak tempat lodging yg murmer dan ada juga tempat-tempat camping di state park.

Udah puas liat-liat Big Sur, kita balik ke SF. karena macet, nyampe agak malem jam 8-an, dan langsung dinner sama temen di RnG Lounge.
RnG Lounge ini cantonese restaurant, dan again makanan nya mak nyus semua! Silahkan liat foto-fotonya di rnglounge.com. Kita pesen salt and pepper crab, beef and radish stew, peking duck and veg.

Another satisfyingly full day!

Day 5
Hari ini kita mau jadi turis! hohoho Dimulai dengan brunch di mama’s @ washington sq. Tempat ini terkenal banget buat breakfast nya. Pas kita nyampe jam 10-an, udah ada antrian di depan cafe nya. Lumayan panjang sih, di depan kita ada sekitar 10-12 orang. Tapi nunggu nya ampe 1 jam bok!! Mana hari itu mataharinya terik nyelekit, jadi gue ama hubby gantian ngantri, sambil kita mampir ke gereja Sts. Peter and Paul’s di sebelahnya. Akhirnya sampe juga donk giliran kita, pas waitress nya ngeliat gue (and the bump) langsung ditawarin air es dan duduk nunggu di dlm. hihihi…thank you dah. Ternyata udah sampe depan pintu, gak berarti bisa langsung duduk! masih mesti ngantri lagi di dlm buat mesen makanan di cashier nya. Tapi kalo udah bisa ngantri di dlm, udah pasti dapet tempat duduk. yah, sekitar 10 menit lah.
Karena udah nunggu lama, pesennya jadi kalap! hahahahhaha…

Hubby mesen pancake dan coffee sedangkan gue pesen french toast sampler plate with berry smoothie. Yum yum yum!


French toast gue ada 3 jenis, banana walnut, cinnamon sugar sama satu lagi gue lupa. Ini seasonal menu, jadi diluar standard menu nya. Pancake nya recommended banget karena very fluffy!
Super duper kenyang! dan kita gak lunch lagi..hahaha..

Abis dari Mama’s, kita ke fisherman’s wharf, yg cuma 4-5 block away. Menurut review, fisherman’s wharf ini sih udah gak seberapa menarik lagi, dan temen kita sangat tidak recommend untuk makan seafood di sini, karena menurut dia there are better places for seafood yg lebih enak dan gak semahal di sini. Kita emang cuma pengen liat-liat siapa tau ada souvenir yg worth buying dan pengen naek SF trolley, yg stationnya ada di ujung Fisherman’s wharf.
(with alcatraz at the background)


TIPS: kita khan nyetir rental car, dan pas di deket Fisherman’s wharf, kita kudu parkir karena mau naek SF trolley. Kita nyari parkiran, tapi mahal-mahal!! 1 jam $4-an! atau sekali masuk $32! beuh,…ogah. Akhirnya kita nyetir sampe ke ujung nya Fisherman’s wharf (polk and beach st), ada dead-end road yg bisa parkir gratis selama 4 jam! yeay! just nice for our trip with the SF trolley. Mesti nunggu sampe ada org yg keluar dulu sih, untung gak terlalu lama.
 (view from the bay)


Mobil udah diparkir, kita ngantri deh buat naek SF trolley. Kita naek trolley ini bukan cuma mau experience nya aja, tapi juga emang mau sekalian ke Union Sq buat beli titipan. Dan ternyata si SF trolley ini juga banyak locals yg naek, gue rasa karena rutenya lumayan di central of town, jadi praktis.

Jalanan SF tuh emang dramatis banget yak, naek turun naek turun, ada yg tajem banget.
Gue ngeliat nya tuh ngeri gitu loh, dan gue parno-an kalo mobil mobil itu ada yg rem nya gak pakem, gimana yah?! Hiiyy…*langsung kebayang mobil mobil berentetan meluncur ke bawah*

Selesai shopping di Union Sq, kita balik lagi naek trolley buat ngambil mobil.
Ada kejadian bikin kesel pas ngantri naek trolley, di belakang gue ada turis2 cowoq segerombolan (spanish kyknya),  tapi pas udah dibolehin naek trolley, gue yg tadinya mau duduk di depan, diselak gitu bok! gak sopan banget! bikin gue bete abis. *curcol dikit*

Di trolley, kita ngelewatin Lombard street. Jalanan ini di dub sbg the most crookedest street!
(image from blog.parkme.com)

Hubby tadinya pengen nyobain untuk nyetir di jalanan ini, tapi dipikir-pikir pake mobil rental jadi gak pede. Lagi kita foto-foto di atas jalanan, ada mobil yg turun di jalanan ini. Astaga….emang susah banget! mesti hati-hati abis karena jalanan nya cuma muat 1 mobil dan tikungan nya tuh tajem tajem bok!

Dinner, diajak temen kita ke Hardknox (www.hardknoxcafe.com) buat makan southern fried chicken. Yuummmyyyy!!! Gue demen karena goreng nya pas banget! luarnya gak terlalu gosong, tapi dalamnya mateng dan gak ada daging yg masih pink/kemerahan. Bumbunya menurut gue kurang nendang, yg spicy lebih berasa. Buat pencinta KFC, mesti nyoba nih ke sini! 4 out of 5.

To be continued....