Monday, October 25, 2010

Ireland - day 4

Hari ke 4 ini, kita cuman punya waktu sampe jam 3, karena hrs berangkat ke airport untuk pesawat yg ke paris. Tujuan hari ini kita ke Guinness Storehouse dan kalo masih sempet ke Trinity College untuk ngeliat Book of Kells.

Karena agak jauh, dari hostel ke Guinness storehouse, akhirnya kita naek Luas (Tram-nya Dublin). Ada kejadian lucu di tram nya, pas gue lagi nyocokin di peta mesti turun di stop mana buat Guiness Storehouse, kata peta mestinya turun di "James" tapi koq gak ada ya di list stop-an di dlm keretanya.....apa jangan2 kita salah naek tram. Trus ada bapak2 yg nepuk pundak gue sambil bilang "the ones that you need is over here" sambil nunjuk sisi pintu kereta belakang gue. Ternyata bok, yg gue liat itu dalam bahasa Gaelic! ya terang aja gak ngerti yaa! di sisi satunya lagi baru ada yg pake bahasa inggris!...duilleeee malunyaaa....
(gue foto tuh di stop-an nya "James" bersama dengan versi Gaelic nya)

Setelah agak nyasar dikit (dan nanya cowoq2 cakep setempat :P), akhirnya kita nyampe ke Guiness Storehouse. Sambil lewatin jalan nya sempet foto2 dulu sama pintu gerbangnya pabrik Guinness. Keren juga sih, cuman pintu hitam gitu, dengan logo harpa dan tulisan guinness. Masuk ke storehousenya, bayar dulu, euro 15 buat org dewasa, dikasih peta gedung nya dan tiket untuk dapetin 1 pint Guinness gratis.

Guinness storehouse ini dulunya dipake buat tempat fermentasi bir nya. Tapi karena skg pabriknya udah modern, jadi gedung ini dijadiin kyk museum gitu. Pas masuk dasar, sebelah kiri udah kelihatan toko souvenir Guinness, sementara di tengah2 ada atrium. Atriumnya ini bentuknya seperti gelas bir, jadi dari lantai 1 sampai 6, atriumnya makin melebar. Di lantai dasar itu ada gelas kaca di lantainya dan ditaro copy perjanjian sewa tanah untuk pabrik Guinness selama 9000 thn! gile yach,.dan 1 tahun itu, sewanya 45 pounds (atau setara dengan 90 dollar sing).
Dari situ, kita mulai dikenalin ke bahan dasar Guinness; Barley, Hops, Yeast dan air, trus ke proses pembuatan nya (yg pengen tau silahkan ke www.guinness.com) dan produk akhirnya, macam2 tipe guinness.


Menurut tour guide kita kemaren2, Guinness setiap tahun produksi sekitar 4 juta barel Guinness. 2 juta dikonsumsi di Ireland, dan 2 juta buat di ekspor. Astaga,...gue gak yakin itu sesuai fakta dari mana, tapi mungkin sih, secara org Ireland tuh minum Guinness udah kayak minum air. Dan juga karena guinness kadar alkoholnya lebih rendah dari bir biasa, antara 4-8%.
Dan rumor lain, kalo air yg dipake buat biki guinness itu diambil dari sungai Liffey! secara air tu sungai (yg membelah kota dublin) warna nya sama ama Guinness! hohohoho....becanda lah ya..

Naek ke lantai 1, ngeliat gimana caranya dulu bikin barel dari kayu (ternyata susah!), dan sistem transportasi yg mengangkut Guinness ke seluruh dunia. Naek lagi, ada "drinking IQ" booths. Pertanyaan2 yg bikin kita tau yg mana pilihan minum secara bertanggung jawab. Trus, naek lagi ada memorabilia iklan-iklan Guinness dari awal. Ada beberapa yg udah "trademark" nya banget seperti si harpa, burung toucan, dan seorg petani dan kuda nya. Ada juga kontribusi dan komitmen guinness ke olahraga.


Naek lagi, ada machine yg bisa ngecek ke Archive nya employee Guinness, siapa tau dulu nenek moyang kita ada yg pernah kerja di pabrik Guinness! Trus ada sejarah bangunan storehouse nya sendiri, trus nyampe lah kita ke Tasting Experience. hihihi...dapat 1/4 pint buat icip-icip, dan juga ada "how to pull the perfect guinness" diajarin gimana caranya narik tongkat yg di bar itu.
Di deket sini juga ada resto, sayang kita gak tau, jadinya gak lunch di sini dech...huhu....

Trus, yg paling tinggi, adalah Gravity Bar! Bar ini bentuknya bulet dan berkaca semua, jadi bisa ngeliat 360 derajat Dublin city! keren! apalagi pas kita nyampe sana, cuacanya lagi cerah banget!


Setelah minum 1 pint gratis kita (gue gak abisin, soalnya blm lunch, gile masa mabok jam 1 siang, gak lucu ajeee), kita turun untuk shopping souvenir!!!...dan buru2 balik ke deket hostel buat lunch dan naek shuttle bus ke airport, trus bye bye Ireland dah...(hiks)...



Gue ada foto2 dikit pesawat Ryan Air nya, beneran budget banget, kursinya gak bisa di-selonjorin, pokoknya budget banget dah.

Next: Paris.

4 comments:

Journal Mommy Yenny said...

ouch..how exciting...:)
next ya next...

once_alifetime said...

Asyik dan seru!! Jadi pengen ke Ireland, kayaknya jarang ya orang Indonesia travel ke sana..

Nilcha said...

ahahahha iyah! gua juga suka denger katanya irish peeps kuat banget minum, mungkin juga krn temperatur disana yg dingin yah :P

uuuh foto2 di Guinness nya kereeeen!

ditunggu foto ryan airnya..
ohya tips; klo naik budget airways gitu buru2 ambil tempat deket emergeny exit jadi agak lega duduknya :P

nomad girl said...

@ cici,..he eh...

@ once a lifetime; iyah,..jarang org sampe ke ireland, mungkin karena lumayan jauh dan gak terlalu sebeken tujuan wisata lain nya di eropa..

@ Nilcha,...hooh! mereka tuh kuat minum banget! maap poto ryan air nya blur-blur gitu, jadi gak gue post deh,...iya, memang kalo naek budget kudu buru2, tapi karena pake antri jadinya tetep aja susah dapet tempat duduk yg ok....gue sih gak napa, karena agak pendek, jadi masih bisa duduk lumayan nyaman..hohoho