Sunday, October 24, 2010

Ireland day 2 & 3

Ireland - day 2:
Berangkat dari Galway, kita diajak ke Dunguaire castle. Walaupun castle ini udah gak bisa ditinggalin lagi, tapi masih dipake buat Medieval Banquet. Jadi dinner di dlm castle ini, dgn traditional Irish music dan entertainment. Bisa minta info nya di dlm castle ini. Tapi mnurut tour guide kita, kalo kita muterin castle (dari luar) searah jarum jam, its considered a lucky thing to do (remember, we are in Ireland), jadilah kita muterin deh tu castle.

Next stop Corcomroe Abbey; Abbey ini juga sbnrnya udah tinggal reruntuhan doank, tp ada 1 bagian yg dikasih roof baru dan setiap Good Friday masih dipake untuk misa.


Dari Corcomroe, kita ngelewatin St.Brigid's holy well, dimana kita stop bentar buat make a wish dengan melempar koin ke belakang bahu ke dlm sumur nya itu. Caranya, kita berdiri dulu di batu yg ada di dpn sumur nya itu, trus make a wish, trus lempar koin nya. Kalau kedengeran bunyi koin nya nyemplung berarti wish nya bakal terkabulkan.


Setelah berhenti sebentar buat lunch; kita lanjut ke Cliffs of Moher.
Cliffs of Moher ini keren abis! jadi Tebing nya bener2 curam banget, panjang nya sekitar 8 km. Waktu kita nyampe sana, udaranya dingin, dan angin nya kennceenngg abis. Daerah yg untuk turis, untuk ke viewing platform nya udah di pave pake lempengan batu. Di tembokin juga setinggi 1,2m-an dengan lempengen2 batu itu, utuh2 loh! tapi ada celah kecil yg bertetangga-an ke private property; yg jalan an nya masih buat kambing gitu (cuman jalan tanah setapak) + gak ada tembok batunya...akhirnya demi mendapatkan foto yg spt di bawah ini, kita (dan bersama semua turis lain nya) lompatin tembok ke properti sebelah!

Menurut tour guide kita, setiap tahun nya ada kira-kira 6 org yg lompat bunuh diri dari Cliffs of Moher ini. Wuih, ngeliat tebingnya sih kyknya gak bisa ditolong punya tuh, kalo udah lompat.

Oh ya, ada satu fakta yg sangat2 gue dukung; di Ireland sekarang kantong plastic di-banned atau lebih tepatnya setiap kantong plastik kena pajak 0.50 euro, jadi org2 skg gak pake saking mahalnya! jadi skg balik pake kantong kertas, atau kalo gak minta, gak bakal dikasih kantong. Ini contoh nya,..gue beli dessert, sampe garpunya pun, garpu kertas/kayu gitu. Kapan semua negara bisa kyk gini yach.



Malam itu, kita nginep di Killarney. Killarney ini tourist town, banyak hotel. Karena nyampe nya udah malem juga, kita cuman dinner, muter-muter bentar di town centre nya, karena kebanyakan juga udah tutup, beli souvenir, trus balik lagi ke hostel.

Ireland - Day 3

Berangkat pagi-pagi jam 8, kita menuju Blarney Castle; Di Blarney Castle ini ada Blarney Stone, yg katanya barangsiapa yg mencium batu ini, bakal mendapat "gift of eloquence" a.k.a pinter ngomong. Ada 2 versi asal muasalnya si Blarney stone ini, yg lebih populer mungkin cerita nya Cormac Laidir MacCarthy yg diminta sama Queen Elizabeth I untuk bersumpah setia ke QE. Tapi si Lord of Blarney ini setiap kali diminta menghadap ke QE, dia memuji-muji dan berjanji-janji tanpa komitmen pasti. Jadilah si QE I bilang "such a Blarney".

Untuk mencium si batu, kita harus naik ke tingkat paling tinggi di castle nya, trus bend-backwards sambil pegangan sama tiang besi dan dipegangin sama penjaganya. Soalnya si batu itu dipasang di parapet, yg bawahnya itu langsung ke parkiran di bawah! (castle ini kira2 setinggi gedung 5 tingkat!) Dulunya katanya lebih seru lagi, malah mesti upside down; jadi si penjaganya itu bakal megang ankle kita!.



Dari Blarney Castle, kita mampir lunch bentar, trus ke Rock of Dunamese. Trus, balik deh ke Dublin.

Nyampe Dublin, kita check in lagi ke paddy's palace, trus nyari St.Patrick's cathedral. Tadinya mau ikutan misa, tapi sayangnya udah lewat waktunya. So, kita ke daerah Temple Bar. Ini daerah nightlife nya Dublin. Ditemani sama Jameson dan Arthur, kita dinner, trus sempet nonton traditional Irish Dance. Tarian nya ini kayak tap dancing gitu, tapi bahu nya harus tegap dan gak gerak. Tapi kakinya ...buset dah...cepet banget! g berpikir mau di record, tapi blur (karena duduknya agak jauh) dan ketutupan kepala org.
Di foto juga ada Half Penny bridge, karena dulu kalo org mau nyebrang (kalo di jkt sih istilah nya naek getek gitu), mesti bayar 1/2 penny.

7 comments:

Patzie said...

ckckck... salut gw lo masih inget semua tuh nama2 bangunan n tempat... wkwkwk...
GW kalo soal ngapal sejarah *angkat tangan d*
BTw suasananya asik banget ya buat jalan santai...

nomad girl said...

hahahaa...banyak tempat yg gue foto juga pelang namanya Pat,...kalo gak lupa juga lah...iya,Ireland enak banget buat tempat jalan2 santai,..karena gaya hidup org-org nya juga laid back gitu..

Journal Mommy Yenny said...

such a cool place!...lanjut lagi donk ceritanya...

Arman said...

banyak castle2 tua ya disana...

btw trus pas lu ngelempar koinnya bunyi gak? hehe

nomad girl said...

@ ci,..yup..mampir gih

@ Arman, kedengeran bunyi koin nya nyemplung setelah mantul batu!...hehehe

Nilcha said...

ini post-nya keren sekali n bikin iri. fotonya kurang gede :P
btw itu kamu yg berdiri diatas batu di foto ke-2? lucuuu!

nomad girl said...

@ Nilcha,...hhehee..iya, itu gue yg berdiri di atas batu..salah satu syaratnya gitu..