Thursday, April 21, 2011

Lourdes

Aduh,..maap banget ya buat yg ngikutin blog ini, update nya lama tenan *ketauan banget malasnya :P* Ini report jalan2 Europe nya jadi kayak marathon,....
Gak napa dech ya, sekalian info buat yg mau ke Lourdes....

So lanjut, dari Paris, kita naik kereta ke Lourdes. Karena kereta malam yg tadinya kita mau naik itu ikutan mogok kerja, jadinya kita naik kereta lain hari berikutnya.

Dari Gare d'Austerlitz, pagi-pagi buta jam 5, kita naek bus ke Gare Montparnasse; karena ceritanya kereta nya jam 6.
Tapi ternyata tunggu punya tunggu, kereta yg jalan jam 6, gak ke Toulousse (tujuan kita), dan customer service counter nya belum buka. Nanya penumpang2 lain, pada gak bisa Inggris atau sama" diverted passager kyk kita juga, dan papan pengumuman semua dlm bahasa perancis.......:/
Akhirnya kita nunggu-in customer service counter nya buka, sambil breakfast. Typical Parisian breakfast adalah Pain au chocolate (coklat kroisant) dan coffee.
Bahkan ada jumbo Pain au chocolate; yg ukuran nya 2 kali lipat kroisant biasa!..wohoooo...emang kesukaan gue nich!...dan nemu cafe yg pastry dan sandwich nya enak2..namanya 'Paul'. Ternyata 'Paul' ini sama ama cafe yg pernah gue pergiin di London dulu, karena mmg tampang pastry nya menggiurkan semua!

Akhirnya setelah customer service nya buka, kita tanya2 dan naik train yg menuju ke Toulousse. Naik train sekitar 4 jam, nyampe di Toulousse jam 1-an dan nanya customer service lagi untuk train yg nyambung ke Lourdes. Tapi karena ternyata the next train is on 4pm, kita akhirnya memutuskan untuk naek bus. 1 jam ++ kemudian, nyampe lah kita di Lourdes. Fuih, badan gue rasanya udah remuk bin asem (gara2 semalem khan mandi ala koboi di train station dan pagi gak mandi).
Kita check-in ke hotel yg udah booking sebelumnya, Le Roch, lumayan nich,..bintang 3 dan bersih. Semalem kalo gak salah euro 50/room; dibagi ber-2; dapet breakfast.

TIPS: kalo nyari hotel, salah satu pertanyaan penting adalah apakah itu hotel punya lift, kebanyakan hotel-hotel di Lourdes ada lift karena pengunjung nya kebanyakan udah over 40.
Oh ya, selama di France, breakfast standard kopi/teh + croissant with butter and jam. Di Paris, masih dapet cereal and fruit juice.

Selesai naro koper dan refreshing, kita nyari tourist centre nya Lourdes untuk ngambil peta dll. Trus mulai deh foto". Karena lagi low-season, jadi kotanya gak rame sama sekali, udaranya masih seger pegunungan gitu dan bersih. Trus kita sempet ngeliat 'light and sound diorama' Santa Bernadette; gue tadinya kirain apaan, ternyata itu kayak narasi ala museum gitu loh. Jadi kita duduk menghadap panggung, trus di panggung nya itu dibagi beberapa bagian yg ada patung2. Selama narasinya berlangsung, lampu-lampu tertentu nyala menerangi bagian yg menggambarkan secara visual narasinya itu.

Abis dari diorama, kita nelusuri tempat" bersejarah yg bersangkutan dgn Santa Bernadette; rumah keluarga nya, rumah sakit tempat dia bekerja, dll. Dari situ, baru kita jalan menuju Gua Lourdes.
Terus terang, gue ke Lourdes cuman mau nemenin temen gue; karena dia mau ziarah dan ngambil air suci; gue sih malah takut pas nyampe Lourdes, ternyata disamber gledek atau apa gitu (saking berdosanya gue); bahkan gue sempet berdoa ya kalo memang dikasih kita bisa pergi, tapi kalo gak ya gue terima juga (pas visa perancis susah keluar). Ternyata memang Bunda Maria mengundang.


Gua Lourdes itu ternyata satu kompleks yg lumayan gede, ada beberapa Chappel, tempat tinggal org" sakit yg ziarah dan gedung administrasinya. Kalo mau tau, ke website nya aja yach.
Kita ngambil air suci dulu (emang udah siap2 bawa botol air minum) dan langsung minum di tempat...ada juga loh orang" yg cuci muka dll di sana (tapi gak mandi kali yah), sebelum mulai berdoa. Kita isi lagi buat nanti di hotel. Kesimpulan nya, selama kita di Lourdes, kita minumnya air suci doank,..hihihihi....siapa tau jadi lebih 'bersih' (Amin).

Udah puas minum, kita ikutan acara lilin. Jadi, org" pada berkumpul di outdoor plaza nya, masing2 bawa lilin, trus dinyalain sambil berdoa. Rame banget loh yg ikutan, satu halaman luas itu penuh orang, dan banyak banget yg di kursi roda (mereka nginep di gedung yg tersedia khusus buat pilgrims yg mau memohon kesembuhan) Yg mimpin doa juga rame, ada beberapa group dan dalam beberapa bahasa; bahkan ada bahasa indo loh! Jadi satu doa dibaca 6-7 kali dengan bahasa yg berbeda.

Pulang langsung tepar sampe pagi.

Day 2

Abis breakfast, kita rencana nya ikut acara lagi di Gua Lourdes, tapi ternyata nyangkut dari satu toko ke toko lain nyari oleh-oleh! *dasar emang ceweq* Habis lah 1/2 hari. Kompleks suci Lourdes itu mmg dikelilingi sama toko" yg jual barang" religius.
Trus abis lunch, kita ke Pic Du Jer (baca: Pik De Jur). Dari town centre naik bus lokal (cuman kita bertiga sama sopir bus); nyampe di entrance nya, kita beli tiket trus buru2 naik kereta nya. Kereta nya setiap 30 menit dan kemiringan nya 56 derajat bok! Tapi pemandangan dari atas kereennnn baannggettt.
Word of Warning: No mineral water is available at the top. Do bring your own bottle.

Coba diliat di foto" di bawah ini:


Nyampe di atas, ada hiking trail memutari puncak bukit nya, tapi kita gak menjelajah jauh2 soalnya takut ketinggalan kereta yg balik turun.
Gue turun/naik gak berani liat ke arah bawah rel, takut vertigo!
Balik naik bus ke city centre trus kita ke train station dulu untuk beli tiket kereta buat besok.

Lanjut ke Lourdes, untuk ikut misa atau group doa kalo ada yg dlm bhs Inggris/Indo. Tapi karena gak ketemu, akhirnya kita cuman pasang lilin, isi air lagi, ikutan antrian untuk menyentuh goa nya, trus foto2 deh.


Karena bsk kereta kita jam 6 pagi, kita balik ke hotel buat istirahat pagian,...sambil jalan balik,....kita belanja lagi,...hahahahahhaha....

Day 3
Jam 5 pagi kita bangun, beres-beres, trus geret koper ke train station. Kita menuju ke train station "Pau". Ini kota terdekat dari Lourdes yg sedikit lebih gede dan ada airport nya. Nyampe di train station Pau, khan masih pagi-pagi buta tuh, kita udah mulai panik,karena dari situ, kita masih harus naik bus/taxi ke airport nya, tapi bus nya dateng 1/2 jam sekali dan gak ada taxi!

Thank God, ada 1 couple yg lagi mau naik taxi (satu-satunya) dan mereka mau ke airport Pau juga,...dan kita boleh share the cab with them!!!....lega nya..
karena emang kita udah beli tiket pesawat dari pau ke london.
akhirnya setelah 20-30 menit, nyampe lah kita di Pau airport dan langsung buru" check in.

Bye bye France......

3 comments:

Journal Mommy Yenny said...

Aih...fotonya keren2...
We'll visit Lourdes someday...

nomad girl said...

thanks sis!

Julie Ekapuri said...

Mba.. mau nanya... dr lourdes sampe tiba di Pau Airport kurang lbh brp lama ?
Saya lagi susun itin.. rencananya pk pesawat jam 10 pagi dari pau ke paris
thx.