Saturday, August 06, 2011

Kenapa mau punya anak?

Ceritanya kemaren-kemaren lagi ada sesi "deep thoughts and discussion" (baca: sleepover for 3 career-independent-living-out-of-their-parent's house gals)...dan muncul lah topik "kenapa MAU punya anak?"

Yg bertanya itu miss S, yg selama seminggu terakhir, dia ngejagain ponakan nya sendiri (tanpa or-tu nya si ponakan), dan dia bilang kalo dia merasa dia gak bisa lengah sedikit pun, selama tu ponakan dalam tanggung jawab dia. Dari siapin breakfast, mikirin lunch, dinner, safety on the road, baju nya,etc etc. Gue rasa sih dia agak shocked karena ponakan nya almost caused an accident. Which will make her responsible as the guardian.

Miss T: Human insting for procreation?
Miss S: maksud gue alasan yg bukan scientific
Miss G: meneruskan nama keluarga?
Miss S: Gimana kalo punya anak ceweq doank? di keluarga Chinese, mana bisa nerusin nama keluarga kalo ceweq?
Miss T: Supaya gak kesepian di hari tua dan ada yg jagain
Miss S: Gue kenal sama satu nenek-nenek, yg punya anak cowoq 7 dan gak ada satu pun yg sekarang perhatian sama dia. Maksud gue, kalo itu tujuan nya loe punya anak, loe bakal kecewa.
Miss T: Sebagai 'asuransi' hari tua (economy-wise)
Miss S: Emang loe skg bisa menangung biaya hidup or-tu loe? dengan gaji loe? dan banyak juga contoh-contoh di mana anak-anak yg lebih gak sukses daripada ortu mereka dan malah harus dibantuin sama or-tu nya.
Sebagai orang tua; loe seumur hidup bakal attached sama anak yg loe punya ini; ketika mereka teenager, ketika mereka punya anak sendiri, mereka bakal balik ke loe untuk minta tolong jagain anak nya, dll. There is an invisible ties that bind you to that person as long as they live .

Diskusi nya akhirnya gak ada conclusion krn pada laper dan akhirnya nyari makan.

Menurut gue sih punya anak, partly, because as human we want and need to love and be loved. And who else will give you unconditional love more than your own child? With the added factors of economy, society, peer pressure, religion,etc.

What about you?

9 comments:

^zai^ said...

hmm... klo utk sth yg ada hubungannya dgn hari tua sih tergantung cara kita ngerawat anak & gmn kita tanamkan moral2 kekeluargaan. meski kita ga bisa tentuin apa tuh anak jd kurang ajar yg ga mo ngurus ortu sama sekali tp kita bisa ngajarin pentingnya keluarga & hopefully si anak sadar dan mau nanggung kita di hari tua.
aku sih lebih pengen punya anak daripada nikah ya. karena alasan pengen bukan karena alasan lain.

Arman said...

yup emang human instinct itu ya. selain untuk berkembang biak, juga yang kayak lu bilang to love and to be loved. karena hidup akan lebih indah kalo ada banyak love kan... :D

tentang ntar tuanya biar ada yang ngurus, itu sih gak boleh dijadiin tujuan kali ya. kok kesannya kita pamrih banget. hehehe. yah mudah2an anak2 kita pada baik2 dan mau ngejagain kita ya. hahaha.

AdeLheid said...

aku pengen punya anak tapi ngga punya alasan kenapa pengen punya anak hahaha.. Aneh ya :P
Di singapore pepatah banyak anak banyak rejeki juga berlaku ngga sih? :P atau kudu punya anak cowo baru dianggep gitu...

nomad girl said...

@ Zai; iya, karena setelah itu anak dewasa, pengaruh lingkungan juga yg bakal mempengaruhi cara pikirnya.

@ Arman, itu dia yg gue cari istilah nya Man, Pamrih!

@ Inge, lucu nya pas akhir conversation itu, temen gue si Miss S bilang, tapi dia tetep pengen punya anak 3! hahahahahaha....
di Singapore sih gak ada istilah gitu Nge, biaya nge-gede-in anak mahal! karena biaya hidup emang udah lumayan tinggi standard nya.

ssssdonk said...

agree with your words, "need to love and be loved" :).
hmm...plus kalo g pribadi, g pengen punya anak, krn g pengen jadi seorang ibu, kayak ibu g sendiri yg jadi role model g...and g mau suami g juga belajar jadi seorang ayah, at least g melihat dia kalo jadi ayah itu seperti apa :D.

Journal Mommy Yenny said...

heheheee...tumben topiknya rada berat
alasan gue sih cuma love aja
trus sayang anak jg tulus, supaya tu anak hidupnya berhasil, jadi orang yg berguna.

nomad girl said...

@ SSS; hmm..berarti kalo ada contoh parenting yg ok, sbg seorg anak, loe jadi ada aspirasi juga untuk jadi parent yah...

@ Ci,..ya gitu deh,....sesi "soul searching" waakakakakkakaa.....bahasanya...

ssssdonk said...

iyaaaaa..pastinya!! eniwei nan, apapun jawaban kita semua ini, jadi kesimpulannya, lu tetep mau punya anak kan nantinya ??? :D

nomad girl said...

@sss, hahahaa.....ditunggu aja tanggal main nya ya,...masih lama lah,....masih sempet mikir2...hihihihihi