Wednesday, April 17, 2013

opinion, please...

gue pulang kantor naek bus yg memang termasuk populer dan selalu rame, apalagi kalo udah jam-jam malam sekitar jam 8.30 sampe jam 11..itu biasanya pasti standing room only. Ini kebetulan gue naeknya dari terminal, jadinya kosong dan gue dapet duduk di bus.

Ngelewatin chinatown, ada auntie naik dan duduk di sebelah gue, bawa 2 plastik kresek + tas doski yg lumayan gendut. Gak berapa tua koq, paling awal 60-an. Nah, plastik2 kreseknya ini dia iket ke kursi depannya biar gak susah megang kali ya (Gue juga gak begitu perhatiin, secara lagi baca berita di HP) dan tas kain nya doski gendong.

Jalan kira-kira 15 menitan dari chinatown, si auntie ini ngelepas salah satu kreseknya (tanya kenapa? I juga tak tahu)...pokoknya abis dia lepas, dia gak mau ikutan menggendong si kresek bersama tas kain nya. Tapi dia mau sempilin diantara gue dan doski......
Yaoloh tante...diantara pantat bahenol kita berdua cuman ada space sekitar 2cm, sementara yg mau dia sempilin itu kotak makanan styrofoam gitu gede nya....

gue cuekin aja nih. Ya lagian loe mau gue minggir kemana lagi yah, secara gue udah mepfet ke pinggir bus deket jendela, kalo gue minggir lagi, bakal nyium jendela bus! ngapain juga gue nyium jendela bus ya, laen kata kalo michael buble, udah gue sosor dan pepet trus dah...

Setelah beberapa detik doski berkutat menjejalkan si kresek dan menyadari kalo tak-cukup-ruang-di-antara-pantat-kita...doski duduknya agak keluar kursi sedikit, tapi beberapa detik duduk kyk gitu, gak nyaman juga si auntie. Saat ini, bus udah penuh dan yg berdiri pun udah jejel-jejel ala sardencis di kaleng....
Kayaknya doski agak be-te gitu, karena jejel nya udah pake esmosi, mungkin dia mikir "Ni anak, duduk leyeh-leyeh, bukannya pinggiran dikit supaya styrofoam gue bisa ikutan duduk!"
Akhirnya isi kresek dia pindahin (yg kecil2) ke kresek yg masih terikat di kursi depan dan dia taro tu styrofoam di atas pinggul gue dan dia.

*elus elus dada*

Gue selama si auntie itu berusaha menjejalkan kotaknya itu diantara kita, gue gak bergeming, gak gue sapa juga, gak gue berusaha geser 1cm sehingga gue duduk sambil nyium jendela bus, supaya kotak styrofoam si auntie bisa duduk bareng kita.

Pas gue mau turun, si auntie ngelepas kresek yg dia iket, dan gue masih bilang thank you loh karena dia mau minggir untuk kasih gue lewat.

kurang sopan kah gue? atau si auntie yg kurang sopan?

di sinciapo ini, karena masih kuat budaya chinese nya, yg muda dituntut untuk menghormati yg tua. Ya, gue setuju dan gue menghormati koq. Tapi apakah yg tua tidak perlu menghormati yg muda?
Berasa gak (buat yg pernah tinggal dan masih tinggal di sinciapo) kalo org-org tua di sini itu gampang banget tersinggung kalo ada salah paham yg menyangkut org muda, dan mereka kyknya langsung asumsi negatif tentang yg lebih muda.

Apakah perasaan gue aja yg sensi?


9 comments:

Arman said...

kadang emang kita cuma bisa ngelus dada. entah kenapa tapi emang ada sebagian orang yang semakin tua, sifatnya jadi semakin aneh, jutek, gak berperasaan. bukan orang Chinese doang, tapi orang bule juga!

makanya gua suka ngomel2 'dasar nenek2 atau dasar kakek2' yang mana selalu di 'hush' ama esther. gak boleh ngatain orang tua katanya. hihihi.

abis emang kadang ngeselin gimana dong ya... :P

Candela said...

Benaaaarr!!! Gw juga ngerasain hal yang sama. Kayanya orang-orang tuanya pada jadi arogan, terus jadi seenak-enaknya sama yang muda-muda, ngerasa "kan kita orang tua".

Kmrn juga gw baru baca ada blogger yang udah bilang "sorry" juga tetep diomel-omelin.. Yah, gw rasa, that's Singapore. Udah mendarah daging. Jadi you only can live with it :(

gillsunshine said...

nan, yang waras ngalah ajaaaaaaaa! kalo ga kita bisa gila tinggal di sini! semangat teman indonesiaku!! HHAHAHAHAH :)

Journal Mommy Yenny said...

hehehee...:)
Sabar aja lah
emang kadang2 orang tua ya begitu. Mungkin mereka mikir, karena elu yg masi muda, elu yang ngalah.
Don't let past experience bitter your heart ya. Stay nice :) coz we nice to them not for whom they are but for who we are *big hugs*

nomad girl said...

@ Arman, g juga ngerti sih kalo org semakin tua semakin antik, tapi gue pikir itu cuman yg udah berumur 70-80 an gitu loh,...gak se-muda si auntie ini....hhahahhaha tapi ya sutra lah,...mungkin juga dia udah menopause jadi dimaklumi ajah...

@ dian, bener tuh term nya "arogan"..serasa cuman karena umur, mereka harus dihormati...

@ Gill...hahahhahahhaha yoi! gue kaassiihhh tu auntie....

@ Ci,...thanks for the words of wisdom...gue sih bukannya takut bitter, tapi takut lama-lama jadi kayak org sinciapo lain nya...hahahhahhahahaha

Pinkbuble said...

Gw ga pernah pusing, gw nganut faham yang we should respect each other. mo lu kata itu encim ato apa kek, gw tetep pertahanin hak gw bo.

Gw pernah tu kayak gitu, kmrn malah..ada orang odong bawa sekeranjang bola tennis, dia ga mo tarok between his leg itu, ditarok di tengah tengah passage, pas gw mo lewat..bisa aja sih gw lewat nyamping gitu, tapi gw sengaja..pasang badan lewatnya en gw bilang aja " excuse me, this is passage! put it away "

Bodo amat.

nomad girl said...

@ El...itu dia El,...gue keturunan nyokap nih..kagak asertif...nyali nya kecil..jadinya cuman setelah kejadian doank ngedumel....hahahahhahaa

sanguines said...

Sorry kalo baru kasih pendapat sekarang, karena gue juga baru ketemu blog lo skrg hihihi.
Jrit itu si aunty aja kali yang rese. since gue juga tinggal di sinciapoh, gue NGERTI BANGET nih aunty2 tipe kayak gini. Entah kenapa yah, kadang mereka tuh suka SENGAJA tau!! You know why? simply because hidup mereka tuh nggak happy!!! Seriusan!!
Trus alasan apa lagi coba yang bisa masuk akal selain karena mereka unhappy dan grumpy dan hateful kayaknya idup mereka tuh cuma komplen dan bikin hidup orang lain se-susah mungkin.
ARRRRGHHH!
(ini kayaknya teriakan dari hati juga)

nomad girl said...

@sanguines..salam kenal!
Hahaha teriakan hati juga yach...cep cep cep...gak semuanya kyk gitu sich, tapi majoritas gitu yah...makanya g cm bisa tabah dah...hehehe