Monday, October 04, 2010

update

Hi Hi!!! maap yak udah lama banget ini blog kgk di-update. Buat temen2 FC, sorry banget yach, gue skip dulu FC nya...

Jadi ceritanya, selain sibuk ama kerjaan (nggak usah diceritain lah ya,...nothing exciting)...gue kmrn2 sibuk mempersiapkan trip of the year-ku!!! Lebih tepatnya ini holiday after 5 long years working...hahaha (lebay)...

Itinerary jalan2nya 17 hari Singapore - Ireland - France - London - Singapore.
Karena agak banyak, gue cover highlights nya aja yak..dan posting nya per destination. Kalo ada mau nanya details, silahkan, di comment atau email.

Pre-travel

Gue pergi nya berdua sama temen kuliah yg dulu pernah kuliah di london juga; sekalian ngerayain ultah.
kita udah ngerencanain ini dari bulan maret! ngobrol2 kira2 mau ke mana aja, trus mulai2 cari info dll. Tadinya udah mau apply visa dari bulan juni, tapi tunggu punya tunggu, akhirnya baru bisa apply bulan juli. Kita harus apply 3 visa, dengan urutan; UK (krn ini negara pertama yg kita masukin); Ireland dan France (schengen visa)

Visa UK gak masalah; apply online trus serahin dokumen (harus submit sendiri, secara pas apply itu, dia bakal ngambil foto dan fingerprint kita); pastiin semua dokumen sesuai yg diminta, bayar ongkos visa nya, tinggal tunggu 8-10 hari, keluar.

Visa Ireland, lebih sip lagi; apply online, serahkan dokumen di kedutaan (mestinya sih apply sendiri, tapi temen gue ngotot mewakilkan gue, karena waktu itu gue gak sempet). Visa Gratis buat org Indo. Gak usah difoto/finger print. Tinggal ambil lagi setelah 7 - 10 hari.

Visa France yg buat kita agak bermasalah. Sebenarnya sih dokumen semua udah lengkap, tapi ada aja beberapa yg diminta lebih detail dan gak dijelasin di check-list nya.
Dalam kasus gue, dia minta beberapa dokumen lebih seperti;
1. Bank account yg kita serahin; untuk employee; harus account dimana gaji masuk. Jadi dia mau pastiin ttg employment status loe.
2. Re-entry permit (untuk Singaporean PR/work permit/other permit holder) Ini yg di-cap di passport itu loh. Gue pikir yg kartu kuning yg gue dapet pas dapet PR singapore; jadinya salah.
3. apply harus dateng sendiri, karena dia mau foto di tempat dan finger printing juga.

Di France embassy ini, prosedurnya ternyata beda dengan di UK/Ireland. UK/Ireland bakal nahan passport kita untuk langsung di tempelin stiker visa begitu disetujui. Jadi dlm 10 hari itu, otomatis kalo di approve, bakal langsung beres.
Di France embassy, dia terima aplikasi kita, trus dibalikin passport nya, setelah 10 hari, kita harus ngecek di websitenya, apakah udah di-approve atau blm, kalo udah kita bawa lagi passport dgn receipt nya, trus dia bakal butuh 3-5 hari untuk nempelin itu stiker visa (padahal cuman ngeprint + nempel yak)

Lesson learned: Pas udah lewat 10 hari, g ama temen gue sama2 sibuk (jelas lah ya, udah mau liburan panjang, kerjaan kudu dibenahin dulu), dan kita cek di website, belum di-approve. Akhirnya 2 hari sebelum kita harus berangkat, kita samperin juga tuh embassy, ternyata visa nya udah di-approved!!!! gileee,..senang nya,...
ternyata emang visa kita tuh udah di-approved, tapi kyknya mereka gak sempet untuk update ke websitenya.
Akhirnya kita kasih ke org nya, dan dia nanya "When are you leaving?" *dgn tampang jutek dan aksen French yg kental*
kita: "Tomorrow"
Officer: " What? you only give me 1 day to process it?" *tampang udah tambah jutek* "I don't know if it can be ready tomorrow, you come back tomorrow and try, if not, then I have to cancel your visa and return your passport"
Udah jantungan aje deh kita....
Tapi memang Tuhan menyetujui perjalanan kita, jadinya pas gue balik lagi besok, passport + visa nya udah jadi!....fiiuhhh,..thanks God.

Hari H
Malam itu juga, kita berangkat ke airport; check in nya jam 11 mlm, karena pesawat jam 1 pagi. Rute nya Singapore-Colombo(nggak turun pesawat)-Dubai-London Gatwick.

TIPS Kalo emang budget cukup dan schedule memungkinkan, pilih direct flight deh untuk long haul flight kyk gini. Beneran, worth it! karena kalo direct flight, loe ada kesempatan untuk tidur lebih lama dan gak kepotong2 untuk transit dan dibangunin makan di pesawat. Apalagi kalo bisa (sukur sukur di upgrade gratis)naek business atau first class,..wah,..habeg bleh!


Me at Dubai airport

Dari Singapore ke Dubai (via Colombo-Sri Lanka) itu kira2 7 jam, Colombo-Dubai sekitar 5 jam. Transit di Dubai 2 jam. Dubai nyampe ke London 7 jam. Kita langsung ke Ireland dulu. Karena kita pikir, mendingan gak usah nginep dulu di london secara susah kalo mesti bolak balik airport-hotel-airport. Airport2 London tuh semua nya jauh2 dari city centre nya (Gatwick, Luton, Stanstead, City dan Heathrow)...rata2 semua mesti naek bus atau naek Tube (london underground) 1 - 2 jam.
Jadi begitu nyampe di Gatwick, kita langsung check in untuk naek pesawat Ryan Air (budget Airline) yg ke Dublin. Nunggu lagi sekitar 3 jam, dan flight ke Dublin sekitar 1 1/2 jam. Total flight: kira2 26 jam!!
Nyampe Dublin udah lusuh bin harum! mana sebelum berangkat khan gue udah seharian di kantor dan blm mandi...untung sih gak terlalu keringetan, tapi tetep aja ya...ha ha...

Next......Ireland

8 comments:

lzai said...

waaaaaahhhhh!!!! sounds fun!!! gw suka free & easy travel. meskipun plan sendiri jdnya ga easy2 bgt tp perasaan puas travellingnya tuh lebih kerasa krn ada kerja keras sebelumnya. kerasa worth it gt! =p

Arman said...

wahhh asiknyaaaa...
ditunggu ya more stories and more photos... :)

stephanie said...

aduh senangnya... ditunggu cerita ireland nya! gue juga pingin kesana!!

Patzie said...

MORE PIC please... hahaha..

nomad girl said...

@ Izai; iya,..lumayan ribet juga arrange semuanya sendiri, tapi jadi lebih tau dan lebih puas perginya...

@ Arman,Step & Pat,..ditunggu yaa...

Pinkbuble said...

Aje gila Nan..lu hiatus tiba2 balik dengan trip europe! Hihihuhu..pajang foto2 mu yah yang buanyak..*gw ud liat fb lu juga sih..* hihihi..

Ayo ayo..post yg ireland ^^

Ah Boy and Ah Girl's Mom said...

huaaaaaaaa... enak amat. seru deh pasti ya. mana cerita selanjutnya?

Journal Mommy Yenny said...

hehehehhee...traveling selalu seru ya, too bad gue uda kenyang ama long-flights sometimes i don't feel fun anymore
tapi buat elo...sekali-kali...gapapa lah...:)