Tuesday, December 30, 2014

Merry Christmas! (plus biscotti recipe)

Walau agak telat, tapi mau ngucapin Merry Christmas buat teman teman yg merayakan! Semoga damai natal dirasakan oleh semua.

Buat kado natal tahun ini, gue dan hubby decide buat bikin biscotti untuk beberapa temen deket dan keluarga. Kebetulan memang keluarga ada yg suka beli biscotti karena mereka demen ngopi.


Resep asli di-dapat dari mas Jamie; di sini
Setelah bikin 3 kali, akhirnya sukses juga...hahahahhaha....yg pertama gue bikin berdasarkan resep, dan jadinya terlalu keras! Dan juga karena gue gak punya pisau gergaji, motong nya gak bisa tipis-tipis, jadinya terlalu tebel. Penting nih pisau gergaji ini, karena kalo gak, motong biscotti nya gak bisa rapih, alias si biscotti bakal kepotong somplak somplak (karena crumbly). Percobaan kedua..gosong! hahahaha......
 
Resep yg gue modifikasi berdasarkan trial dan error:
200 gr Tepung terigu serbaguna (+ sedikit extra)
180 gr Caster sugar (gue mix 100gr white caster sugar dan 80 gr brown sugar, krn itu yg gue punya)
120 gr kacang pistachio, tanpa kulit.
1 tsp baking powder
½ tsp garam
2 telur (note: semakin banyak telur yg dipake, adonan bakal ngembang lebih besar, dan tekstur lebih ke biskuit daripada biscotti)
1 tsp rose water
Semi skimmed milk secukupnya

Cara membuat:
Panggang kacang pistachio sampai agak kekuningan. Cincang kasar ketika kacang tidak terlalu panas untuk dipegang. Note: kayaknya kalo cincang terlalu kasar, motongnya agak susah karena si kacang terlalu chunky. Gue cincang setengah agak halus, dan setengah agak kasar.
 
Campur jadi satu bahan kering (terigu, gula, baking powder, garam dan kacang pistachio).
Campur jadi satu bahan basah (telur dan rose water). Kocok hingga berbusa.
Masukkan kocokan telur dan rose water ke bahan kering sedikit demi sedikit. Mungkin agak lama dan kesannya terlalu kering, tapi nanti pasti kecampur semua koq. Tambah sedikit susu kalo memang terlalu kering, tapi buat gue dengan 2 telur gak perlu lagi susu.

Panaskan oven ke 180 derajat celcius. (Ini nih yg gak ada di resep aslinya, sampe gue mesti coba-coba). Alasi loyang dengan greaseproof paper. Dan dengan tangan yg agak bertepung, bagi adonan jadi 2 dan bentuk seperti christmas log cake. Adonan akan ngembang kira-kira 20% dari ukuran asli, jadi kasih jarak antara 2 log.

Note: kalo mau bikin biscotti yg imut-imut, bisa dibagi 3 adonan nya dan dibentuk lebih memanjang daripada lebar.

Panggang biscotti selama 25 menit, sampai agak kekuningan, dan keluarkan dari oven selama 5 menit. Turunkan suhu oven ke 150 derajat celcius.

Potong biscotti serong-serong (kira-kira ketebalan 1 cm) dan atur bagian yg terpotong menghadap atas untuk dipanggang. Masukkan kembali ke oven dan panggang selama 15-20 menit sampai kering.

Note: tergantung oven, mungkin perlu dibalik biscotti nya pas udah kepanggang selama 10 menit, supaya matang nya rata. Perlu dijagain nih untuk sesi panggang kedua ini, karena si biscotti udah kepotong tipis, bisa cepet banget gosong.

Keluarkan dari oven, biarkan dingin dan mengeras, dan enjoy with your favourite coffee/tea/milk. Yyuummmm....

3 comments:

Arman said...

merry christmas nancy!!

Evita Wijaya said...

Merry Christmas yaa.. :)

Journal Mommy Yenny said...

looks yummmm...