Wednesday, March 18, 2009

to the Spa..to the Spa..

Kemaren pas ke Bali itu, sempet gue mention kalo gue ke spa, khan?
Well, emang kalo gue ke Bali itu, kyknya kurang afdol kalo blm ke spa. Nah, sebelum berangkat, gue sempet browsing spas di Bali. Kalo di Jkt, favorit gue emang Four Seasons (gara2 dulu pernah kerja di four seasons, hihi), kebetulan di Bali ada 2; Four Season Jimbaran sama Four Seasons Sayan.
Akhirnya gue save no telp dua2nya, just in case.

Pas kebetulan selesai resepsi dan jalan2 di Ubud itu sore + kebetulan Four Seasons Sayan itu di Ubud + kebetulan bisa bikin appointment malam itu = jadi deh ke Four Seasons Sayan Spa!!*victory sign*

Dari Ubud, dianterin sama bus pariwisata ke entrance road nya;
dari situ gue jalan kaki masuk ke kompleks resort nya...

setelah lewat jalanan mobil, nyampe lah gue di Drop-off area. Ini baru pintu gerbang "resmi" nya si resort; biasanya di sini pengunjung nya turun trus jalan kaki masuk ke resort, sedangkan bagasi dll dibawa ke lobby oleh buggy (mobil golf itu loh).

Sampe sini, gue masih santai2 aja, cuman pikir,"oh, bagus ya,..banyak pohon, hijau2, teduh, udaranya lebih dingin (pas cuaca abis hujan)…

Di sini ada concierge nya, trus gue nanya “Mau ke Spa, lewat mana ya mas?”
Si mas nya bilang “oh, lewat jembatan ini trus turun, mba; spa nya ada di bawah restoran”
Huh? Jembatan?

Ternyata ngelewatin gate itu, ada jembatan kayu selebar 1,8m-an yg menghubungkan gate dengan lily pond yg gede banget di ujung nya…

WAH! Lutut gue sampe agak lemes gitu saking pemandangan nya keren abis!
Lily pond nya itu di-design seperti infinity pool (yg nggak ada pinggirnya, jadi air seakan2 meluap keluar) dan pemandangan sekitar nya pohon-pohon. Jadi seakan2 melayang di tengah2 jurang gitu!



Di ujung lily pond yg menghubungkan ke jembatan ada buka-an yg ternyata tangga turun ke bangunan utama resort nya. Dari sini ada tangga setengah elips di sebelah kiri yg menuju ke lobby dan open air bar. Turun lagi 1 level ke open air restaurant. Turun 1 level lagi, spa.

Gue check-in dulu ke spa, trus abis itu pengen jalan2 liat-liat kompleks nya. Pas nanya ke concierge, dibilang boleh, terus dipanggilin buggy sama 1 staff (namanya Jantik) buat nganter gue muter2 kompleks.

Dari lobby, gue dianterin ke salah satu River Side Villa.

Dari level jalanan, yg kelihatan Cuma pendopo yg dikelilingin lily pond. Ternyata jalan masuk ke villa nya turun tangga. Menurut Mas Jantik, banyak tamu yg bilang kayak masuk bunker!..haha…Buat gue yg setengah hermit, gue sih seneng2 aja.
Masuk ke villa, bangunan nya dibagi 2, outdoor dan indoor. Di outdoor, ada tempat duduk2, mini bar, patio dengan umbrella, plunge pool dan sun-deck.
Pemandangan nya bener2 keren! Karena view nya sungai Ayung yg berlawanan arus. Nggak kelihatan orang2 lain ataupun gedung hotel ataupun jalanan. Privacy abis!

Indoor, ada kamar tidur, kamar mandi dan walk-in closet. Indoor nya ber-AC.
Dari kamar tidur ada French sliding door yg terbuka ke sun-deck. Sedangkan di kamar mandi ada pintu yg menhubungkan ke outdoor shower dan ke sun-deck juga. Jadi kalo dari plunge pool, bisa langsung ke kamar mandi tanpa melewati kamar tidur.

Keluar dari villa, gue dianterin ke swimming pool yg letaknya di level paling rendah kompleks; pas sebelah-an sama sungai yg mengalir dengan seru; dgn shape yg mengikuti lekuk sungai. Sun-deck utk swimming pool juga dialokasi di pinggir sungai dengan akses batu2 kali untuk yg pengen turun ke bibir sungai.



Ngeliat ke belakang atas (dari swimming pool), kelihatan lah block hotel yg sekitar 3-4 tingkat dan seakan2 nancap di pinggir tebing.


Setelah puas muter-muter dan foto2, gue dianter balik ke lobby, dimana gue pesen sandwich di bar, (dinner dan sambil nunggu waktu buat spa).


Pas udah waktu nya spa, gue dianter lagi pake buggy ke Spa Villa.
Menurut therapist nya, spa villas utk treatment di atas 2 jam. Tapi karena lagi sepi (kyknya) dan gue tamu special (ehem ehem…) massage gue yg kurang dari 2 jam pun di kasih di spa villa.

Turun tangga dari jalan, sampe lah gue di arrival pendopo. Design Spa Villa ini merupakan cluster 3 treatment villas dan 1 Back-of-House building cum pendopo. Clusternya dibangun di atas Lily pond.


Setiap Spa Villa, bisa utk treatment 2 org bersamaan, ada bay window with seating, shower,toilet, bath tub, walk-in closet dan outdoor shower. 2 sisi bangunan merupakan folding glass door yg bisa dibuka.

Begitu gue ditinggal-in buat ganti baju, langsung gue cobain outdoor shower nya! Hihihi,…out door area nya tertutup sama tanaman2, dan karena letaknya lebih rendah dari jalanan, jadi bener2 nggak bakal kelihatan dari luar.
Fuh! Karena udah seharian (dari resepsi) pake baju pesta, langsung seger pas mandi.

Abis mandi, therapist nya dateng buat massage. Dan abis massage, gue mandi lagi (nggak mau rugi). Kali ini di shower yg ada Rain Shower nya. Dinamain rain shower karena shower head nya gede (sekitar diameter 30cm) dan dipasang di langit2 kamar mandi; jadi seakan2 mandi di guyuran hujan; tapi ada air panas tentunya…hehe….

Di Vanity table nya, hampir semua disediakan, hairdryer, sisir, kapas, cotton-buds, moisturiser, face moisturiser, talc-powder, deodorant,dll. Tinggal make-up aja nich yg kurang,.hohoho…

Abis dari villa, gue diantar buggy ke main building buat bayaran, trus gue minta dipanggilin taxi buat pulang.

Fuhhh! Sip dah!

Photos courtesy of Four Seasons Sayan; and the author would like to thank all Four Seasons Sayan staff for their wonderful hospitality which render an unforgettable experience.

12 comments:

Mommy Axel said...

uhm.. mestinya dicantumin juga donk biayanya. Ntar kalo gue ke sono, saking ngiler liat foto lo, terus gue spa juga, karena ga tahan baca ceritanya, tau2nya biaya 1 juta. haiyaa... bisa kacao kannn?? hihii..

btw, nama lo siapa sih?
hihihi..

nomad girl said...

Hihihi,..maap, blm ngasih tau ya,..panggil Nancy aja.
Mesti ngaku dulu nich, spa dan makan adalah 2 hal kelemahan gue,..(lemah iman maksudnya..LoL..)nggak tahan godaan banget,..
umm,..spa di Bali kebanyakan bayarnya pake USD, patokan kalo di hotel2 setaraf Four Seasons sekitar USD100++ utk standard massage sekitar 90 menit.
Semakin rumit perawatan dan lama waktunya yaa semakin mahal dech...

Iketan said...

Nancy, hai hai

gue liat blog lo, tertarik juga nie..
kegemaran kite kurang lebih sama, spa dan makan (kl gue seh tambah beribadah) =p

eh kapan2 spa bareng dunk, gue blm pernah coba spa di hotel. enak ya? four season Jkt piro ya?
soale four season itu tinggal nyebrang dr kantor gue (gue di menara imperium, ya ga nyebrang jg seh, guling2 dikit, ngesot dan nyebrang br ampe).
heheeheh

salam kenal ya.

Ike

nomad girl said...

Hi Ike,
Salam kenal juga.

Four seasons jkt, sekitar 400rb-an buat massage; udah sip bgt tuh. Dateng pagian atau stay lama-an buat sauna/steam, mandi2.
Buat g, lebih enak spa-an di hotel, karena fasilitas lebih ada, dan ruangan (hampir selalu) di-design khusus buat spa activities (maklum lulusan interior design)..

Iketan said...

bu,,,,
masih tetap dengan tema spa nieh ya...
gue mao tny2, ada YM or MSN ga?
gue sedang butuh kesegaran nieh...
otak gue meneganggggggg

nomad girl said...

hahahaha...ada. Add gue aja di icen_82@yahoo.com

pinkbuble said...

hi..hi..el disini..

gw tinggal di sg nih sekarang..btw, itu spa kok menggiurkan ya..hihihi..

mauuu kesono rasanya!

nomad girl said...

Hi El,
emang tuch sedap abis..kl lg nggak mau ber-ramai2 ria sama turis2 Bali, tinggal mojok aja di sana..

journal mommy said...

cen... setengan hermit?

nomad girl said...

ci>> iye, kl hermit beneran khan tinggalnya di gunung, menyepi sendiri, dll..gue cuman setengah hermit, kdg2 doank...haha...

keluarga wijaya said...

keren ...
pengen banget ke BALI, tapi setiap plan kesana, mesti gagal ....
tapi gosipnya apa-apa disana mahal ya ???

pic yg diujung lily pond persis banget pic ku (surathani 2008)...

ternyata Indonesia itu indah juga ya...

nomad girl said...

@ Keluarga Wijaya..
Hi, Iya, lumayan mahal kalo ke Bali, karena kebanyakan harga2 dlm dollar (padahal di indonesia gitu ya..)